Contoh Latar Belakang Makalah Bahasa Indonesia

Apa itu makalah ?

Makalah adalah karya tulis ilmiah yag dibuat oleh siswa/ mahasiswa mengenai topik tertentu yang dijadikan pembahasan dalam pelajaran atau perkuliahan. Dalam satu makalah biasanya terdiri dari sampul, daftar isi, pendahuluan, latar belakang hingga bagian penutup makalah. Mengetahui bagian- bagian dalam satu makalah menjadi hal penting bagi siswa maupun mahasiswa untuk menyusun makalahnya dengan baik.

makalah dan contoh latar belakang makalah
tolongtangtugas.web.id

Tugas membuat makalah biasanya diberikan guru/dosen pada anak didiknya dalam satu pertemuan kelas.  Dalam menyusunnya, pembuat makalah harus bisa menyusun latar belakang yang baik dan benar, agar ulasan dalam di dalam makalah menjadi terfokus pada topik yang di angkat.

Agar makalah menjadi terfokus pada satu pembahasan/ terkait dengan tema yang diangkat, pembuatan latar belakang makalah yang baik dan benar menjadi salah satu poin penting agar hasil makalanya bagus.

Pada kesempatan ini, admin Tolong Tang Tugas akan memberikan contoh latar belakang makalah bahasa Indonesia pada kamu agar latar belakang makalah yang akan dibuat hasilnya memuaskan. 

Topik pembahasan yang akan kita angkat mengenai Fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia.


Contoh Latar Belakang Makalah : Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia


Negara Indonesia termasuk pada salah satu negara berkembang didunia. Indonesia memiliki ribuan pulau, keanekaragaman budaya, suku, ras dan agama. Sebagai negara yang mejemuk, Indonesia banyak memiliki perbedaan yang menjadi kelebihan dan pembeda dari negara lain.

Salah satu pembeda negara Indonesia dari negara lain adalah  adanya deretan pulau- pulau dari sabang sampai merauke. Tercatat 17.504 pulau yang termasuk dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan jumlah pulau- pulau yang dimiliki, setidaknya ada 742 bahasa daerah yang menjadi identitas bahasa masyarakat di masing- masing wilayah.

Adanya kemajemukan bahasa tersebut, membuat Indonesia tercatat sebagai negara kedua dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia setelah Papua Nugini yang memiliki 867 bahasa. Hal ini juga menjadi salah satu alasan dilahirkannya bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa sehingga warga negara Indonesia dapat berkomunikasi satu sama lain.

Lahirnya Bahasa Indonesia dinilai sangat penting. Selain sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia juga dipakai dalam kegiatan akademik dalam berbagai disiplin ilmu melalui bentuk karya tulis ilmiah seperti makalah dan skripsi. Konsep bahasa tersebut menandakan bahwa sistem lambang bunyi atau bahasa dan lambang tulisan dipakai oleh warga negara untuk berkominikasi di lingkungan sosial maupun akademik. Pemakaian bahasa yang baik di kembangkan oleh pemakainya melalui kaidah- kaidah yang tertata di dalam satu sistem.

Dari uraian diatas, Bahasa Indonesia memiliki peran atau fungsi yang mendasar, baik itu lisan maupun tulisan. Akan tetapi, fungsi Bahasa Indonesia tidak hanya sebatas yang telah disebutkan tadi. Oleh karena itu, diperlukan ulasan lebih dalam mengenai fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia agar lebih mendorong persatuan warga negara dan memperkokoh rasa nasionalisme, disamping mendalami Bahasa Indonesia itu sendiri.

---


Naah, dari contoh latar belakang diatas. Kamu bisa simak dengan teliti bahwa dalam pembuatan latar belakang makalah harus merangkum hal- hal mendasar mengenai topik pembahasan yang akan Kamu angkat.

Mulailah membuat latar belakang makalahMu dengan hal yang bersifat umum terbelih dahulu, seperti dalam contoh paragraf pertama. Kemudian disusul dengan paragraf yang lebih spesifik menjurus pada pembahasan topik Kamu.

Dalam contoh diatas, karena topik yang akan dibahas adalah fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia. Maka perumusan latar belakang makalah harus mengerucut pada hal tersebut.
Jadi, susunlah hal yang serupa dalam penyusunan latar belakang makalahmu. Sesuaikan dengan topik pembahasan yang akan Kamu angkat.


Sekian. Semoga Bermanfaat ...!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Contoh Latar Belakang Makalah Bahasa Indonesia"

  1. bermanfaat sobat,,berbagi lagi ilmu nya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bisa terus menginspirasi, mas firdaus. Insyaallah dalam beberapa waktu kedepan sya coba untuk mengulas rumusan masalah dan kiat2 bgmana membuat rumusan masalah yang baik. mas firdaus bisa kunjungi website ini secara berkala.

      terimkasih, atas komennya.

      Hapus
  2. Informasinya luar biasa mas pembahasannya juga bagus rapih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Rafqie.

      Kalau ada saran mengenai topik2 yang mau di angkat di website ini, bisa mas Rafqie tuliskan disini. Nanti akan sya catat dan membuatkan artikelnya.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, mas Andhy.

      terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel