Lima Contoh Kata Pengantar Karya Tulis

Assalamualaikum ...
Apa kabar kalian ? Alhamdulillah, senang rasaya mendengar kabar baik dari kalian.

Hari ini tolongtangtugas akan membagikan contoh-contoh kata pengantar sederhana dalam karya tulis ilmiah. Seperti kata pengantar makalah dan kata pengantar proposal penelitian.

Seperti apa contoh kata pengantar makalah dan proposal penelitian itu ?


kata pengantar proposal penelitian
www.tolongtangtugas.web.id

Naah...! sekarang, langsung saja kita pelajari contoh-contoh kata pengantar makalah dan kata pengantar proposal penelitiannya.


1. Kata Pengantar Makalah Manajemen Pendidikan

Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya makalah Manajemen Pendidikan ini. Tanpa ridho dariNya mungkin makalah ini tidak akan selesai.

Selanjutnya, terima kasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingannya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.

Makalah ini terdiri dari tiga bab utama yang membahas tentang manajemen pendidikan, khususnya tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan. Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami tentang kurikulum pendidikan, perkembangan kurikulum pendidikan, serta bagaimana implementasinya dalam pengajaran di sekolah.

Akhir kata, tidak ada yang sempurna di dunia ini, demikian pula dengan makalah ini, masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun tetap kami harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah ini.


2. Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Puji syukur hendak penulis ucapkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat rahmat dariNya makalah ini dapat penulis rampungkan tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Dalam makalah ini, penulis berusaha mengkaji mengenai 'Pengaruh Budaya Asing Terhadap Budaya Lokal Indonesia'. Pengkajian masalah ini merupakan hal penting. Karena masalah seperti ini menyangkut generasi muda bangsa Indonesia yang saat ini nampaknya mulai terpengaruh pada budaya luar, baik itu penampilan dan gaya hidup.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memperdalam pemahaman tentang pengaruh perkembangan budaya luar terhadap budaya lokal Indonesia. Penulis memiliki harapan agar remaja Indonesia dapat mengetahui dan memahami dampak positif dan dampak negatif dari budaya asing tersebut. Kemudian, dengan mengetahui dampak positif dan negatif budaya luar tersebut, para remaja Indonesia dapat bersikap lebih bijak tanpa mengorbankan buadaya lokalnya.

Dalam proses penyusunan makalah ini, penulis ingin berterima kasih atas bimbingan, arahan, koreksi, dan saran yang diberikan oleh pembimbing. Untuk itu, rasa terima kasih yang dalam penulis ucapkan kepada yang terhormat: Ibu/Bapak .....(isi dengan nama pembimbing/dosen bahasa Indonesia kalian).

Terakhir, penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kekurangan.
Oleh karena itu, Penulis juga mengaharapkan kritik dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan karya tulisi selanjutnya.

Demikianlah makalah ini penulis susun. Semoga ulasan dan isi makalah ini bisa bermanfaat bagi kita sekalian.


3. Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Alhamdulillah, puji syukur selalu saya panjatkan ke kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberkati dan merahmati saya dengan hidayahNya sehingga makalah ini dapat disusun dengan baik.

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas..../tugas mata kuliah..... (isi titik tersebut sesuai dengan mata pelajaran atau mata kuliah masing-masing), yang diampu oleh.... (isi dengan nama Guru/Dosen kalian).

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan serta keluarga tercinta yang selalu mendukung dalam menyelesaikan tugas makalah ini.

Penulis menyadari bahwa hasil dari makalah dan proses dalam pembuatan makalah ini memiliki beberapa kekurangan dan kesalahan yang mungkin pembaca ditemukan.
Maka dari itu, saya sangat senang dan membuka masukan bagi siapa pun yang ingin memberikan kritik dan saran yang membangun bagi kesempurnaan karya tulis ini.

Dengan selesainya makalah yang berjudul 'isi sesuai judul makalah kalian masing-masing', saya berharap dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap keilmuan dan dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca, amin.


4. Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Pertama, saya ingin mengucap rasa syukur kepada Allah SWT atas kuasa dan nikmatNya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai jadwal. Makalah yang berjudul ....(isi sesuai judul makalah kalian) ini tidak akan selesai tanpa ridho dariNya.

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi syarat ........ (isi titik-titik sesuai maksud kalian, misal syarat ikut ujian bahasa Indonesia) yang diampu Ibu/Bapak ..... (isi nama Guru/dosen).

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung agar makalah ini selesai tepat pada waktunya.

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada guru/dosen pembimbing yang telah mengarahkan saya dalam pembuatan makalah ini. Selanjutnya, dalam penyusunan makalah ini tentu terdapat kekurangan-kekurangan di dalamnya, baik itu isi maupun kebahasaannya. Sehingga saya memiliki harapan besar kepada para pembaca agar memberikan kritik yang membangun. 

Terakhir, saya pun memiliki harapan, semoga hasil makalah ini dapat membarikan tambahan ilmu pada pembaca sekalian.


5. Kata Pengantar Proposal Penelitian

Alhamdulillah, segala puji penulis haturkan ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karuniaNya, sehingga proposal penelitian skripsi yang berjudul “.... (isilah dengan judul proposal penelitian kalian)” ini bisa terselesaikan.

Maksud dan tujuan pengajuan proposal penelitian skripsi ini adalah untuk .....(naaah, bagian ini kalian isi dengan maksud dan tujuan penelitian, contohnya; mempelajari praktik penggunaan Slang dalam komunitas pedagang di Pasar Suka Maju.). Hal ini menarik untuk diteliti karena orang-orang yang terlibat dalam perdagangan di Pasar Suka Maju memiliki ciri khas bahasa yang unik dibandingkan komunitas pedagang di pasar lain (yang dicetak miring ini hanya contoh saja, karena judul penelitiannya praktik penggunaan Slang, maka alasan mendasar penelitian tersebut dilakukan ditulis seperti itu).

Selain itu, dengan mengetahui hal tersebut, kita akan menjadi lebih paham apa dan kapan mereka berkomunikasi dengan bahasa unik mereka, serta bagaimanakah cara kita memahami bahasa Slang yang mereka gunakan dalam berkomunikasi. Dengan begitu, kita bisa lebih paham dalam menentukan komunikasi yang efektif terhadap meraka, di samping mengenal pola penggunaan Slang tersebut.

Penulis sepenuhnya sadar bahwa proposal penelitian skripsi ini tidak akan selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis, diantaranya:

  • Kedua orangtua, yang telah memberi support moril maupun materil pada penulis sehingga penelitian ini dapat terselesaikan.
  • Bapak...(Tulis nama dosennya, lengkap dengan gelar) selaku Dekan Fakultas Ilmu Linguistik Universitas Merah Putih.
  • Ibu...(Tulis nama dosennya, lengkap dengan gelar) selaku Ketua Program Studi Ilmu Linguistik Universitas Merah Putih.
  • Bapak...(Tulis nama dosennya, lengkap dengan gelar) selaku dosen pembimbing.

Pada akhirnya penulis berharap, hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk semua pihak. Disamping itu, penulis juga membuka kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sekalian untuk kesempurnaan proposal ini.




                                                         Penulis


                                                          Kakak


---


Demikianlah pembahasan contoh-contoh kata pengantar makalah dan kata pengantar proposal penelitian, pada kesempatan kali ini. Melengkapi bagian terakhir dari dari kata pengantar di atas, pada bagian bawah sebelah kanan, kalian cantumkan keterangan penulis. Seperti yang kakak contohkan di bagian akhir kata pengantar proposal penelitian. Jadi setiap kata pengantar harus di akhiri dengan tanda tangan penulisnya.

kakak juga memiliki harapan, semoga lima contoh kata pengantar di atas dapat memberi gambaran pada adik-adik tentang bagaimana cara menyusun kata pengantar karya tulis kalian.

Jika kalian ingin belajar lebih jauh tentang makalah, silahkan kalian Baca: Contoh latar belakang makalah dan cara membuat rumusan masalah yang sudah kakak tulis sebelumnya.

Selamat belajar.!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Lima Contoh Kata Pengantar Karya Tulis"

  1. Terimakasih Min, sangat membantu jadi punya pandangan tentang isi dari kata pengantar proposal penelitian saya...

    Thanks...

    BalasHapus
  2. ditinjau dari segi bahasa, kata pengantar memang harus berbahasa Indonesia dengan formal ya gan, dan apakah dengan adanya kata pengantar itu wajib ada dalam KTI ? #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, wajib. Karena kata pengantar itu ibarat pintu masuk rumah. Disamping itu, kata pengantar juga berisi gambaran umum makalah atau karya tulis ilmiah.

      Hapus
  3. sama seperti nama webnya! benar" nolongin tugas nih web :) utung bisa di copy paste isinya untuk tugas kuliah

    hehehheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika isinya menolong kuliahMu. Saya juga ikut senang, mas kamal. :D

      Harapan saya. Isinya jangan disalah gunakan. Gunakanlah untuk aktivitas yang menunjang prestasiMu di kampus.

      Salam ...

      Selamt belajar ...

      Hapus
  4. Oalah sangat bagus ini untuk menulis makalah, kliping, bahkan untuk ngeblog sekalipun.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel