Soal-soal Urian USBN 2019

Setelah kalian belajar soal-soal pilihan ganda USBN pada postingan sebelumnya, kali ini kakak akan memberikan latihan soal uraian pada kalian. Soal-soal ini kakak buatkan dari buku bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum 2013. Cobalah menjawab soal-soal urian ini menurut kemampuan kalian masing-masing. Cocokkanlah jawaban kalian pada kunci  jawaban yang sudah kakak tolongtangtugas siapkan diakhir soal ini.


Apa saja soal-soal uraian USBN 2019? Simak dibawah ini.

1. Sebutkan tiga bagian struktur teks deskripsi?

2. Apa yang kamu ketahui tentang puisi rakyat?

3. Sebutkan sinonim kata berikut: a) Indah. b) Mengherankan. c) Langka.

4. Apa yang kamu ketahui tentang cerita fantasi?

5. Teks cerita fantasi dibagi menjadi dua jenis yaitu Fantasi Total dan Fantasi Irisan. Jelaskan pengertian dua jenis teks fantasi tersebut!

6. Bacalah kutipan teks dongeng fantasi berikut ini!

Rudi nampaknya tidak sabar mendengar bel pulang sekolah berbunyi. Ia berniat membantu ayah dan ibunya bekerja di ladang. Mereka saat ini menanam padi. Di tengah jalan ia bertemu dengan beberapa monster yang berwarna hitam dan putih. Monster-monster itu bertarung satu sama lain. Rudi tidak tahu apa sebenarnya tujuan mereka bertarung. Awalnya Rudi memang tidak mempedulikan. Namun, saat monster hitam dan putih itu terlihat beringas dan merusak perkampungan, mulai dari balai desa, rumah warga dan puskesmas. Rudi langsung mengambil pena ajaib miliknya. Rudi menggambar sebuah tali raksasa yang besar untuk mengikat monster-monster itu. Alhasil, tali itu mampu mengikat monster hitam dan monster putih. Akhirnya, kedua kelompok monster yang gaduh itu berhasil Rudi jinakkan.

Berdasarkan teks fantasi di atas, jelaskan watak tokoh Rudi dalam teks dongeng fantasi di atas dan berilah alasannya!

7. Berdasarkan cerita fantasi No. 6 diatas, dimanakah tempat atau latar monster bertarung?

8. Apakah yang dimaksud gurindam?

9. Tulislah dua kata yang memakai kata depan di dan dua kata yang memakai imbuhan di-!

10. Sebutkan tiga struktur teks hasil observasi, jelaskan?

------

Kunci jawaban soal 1-10!

1. Struktur teks deskripsi terdiri dari 3 bagian. 1) Identifikasi. 2. Deskripsi bagian. 3) Penutup.

2. Puisi rakyat adalah jenis puisi lama sebagai warisan nenek moyang yang mempunyai muatan nilai-nilai yang luhur dengan cara yang menghibur, segar, dan indah.

3. Indah = Elok
Mengherankan = Mengagumkan
Langka = Jarang

4. Cerita fantasi adalah sebuah cerita fiksi yang mengandung fantasi. Cerita di dalamnya mengandung unsur imajinatif dari si penulis. Dalam cerita fantasi, sesuatu yang sekiranya mustahil akan nampak nyata. Tokoh, latar, atau kejadian di dalam ceritanya adalah murni karangan dari penulis dan tidak ada di dunia nyata. 

5. Cerita fantasi total adalah cerita fantasi yang berisi fantasi pengarang terhadap objek tertentu. 
Cerita fantasi irisan adalah cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata. Bisa nama tempat, dan nama peristiwa dalam dunia nyata.

6. Watak tokoh Rudi diatas ialah suka menolong dan cinta damai. Buktinya Rudi tidak membiarkan monster hitam dan putih membahayakan kampung dan warga dalam ceritanya.

7. Perkampungan

8. Gurindam adalah puisi lama (Melayu) yang berasal dari India yang memuat nilai-nilai agama dan moral.

9. Kata depan: di rumah, di pasar
Imbuhan: disiram, dicangkul

10. Struktur teks deskripsi memiliki 3 bagian: 1) Pernyataan umum. Berisi definisi umum, keterangan umum dan informasi tambahan tentang suatu objek yang dilaporkan. 2) Deskripsi bagian. Berisi perincian bagian-bagian yang diporkan. 3) Simpulan. Berisi ringkasan umum yang dilaporkan.

Demikianlah adik-adik soal-soal urian dari kakak tolongtangtugas mengenai tema latihan soal USBN 2019. Cobalah menjawab soal-soal USBN diatas dengan baik dan benar.

Selamat belajar ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Soal-soal Urian USBN 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel