Noun: Definisi, Kategori, dan Cara Menjamakkan Noun

tolongtangtugas- Belajar Noun dalam bahasa Inggris akan menjadi topik kita dalam kesempatan ini. Bukan hanya belajar, namun kamu juga akan memahami definisi, kategori, dan cara menjamakkan Noun dalam bahasa Inggris dengan kilat.

Noun: Definisi, Kategori, dan Cara Menjamakkan Noun
tolongtangtugas.web.id

Definisi Noun

Noun adalah kata yang menyatakan sebuah benda. Noun juga merupakan pondasi dasar untuk membuat sebuah kalimat. Contoh noun dalam bahasa Inggris diantaranya; bag, pencil, cat, Talang Siring, love, Rudi, Jakarta, honesty dan lain-lain. 

Gimana, paham kan? Jika sudah paham, selamat, boleh dibilang sampai disini kalian sukses memahami apa itu noun. Semakin banyak menguasai kosa kata benda (noun) dalam bahasa Inggris, maka semakin besar kemunginan kamu akan bisa berkomunikasi dalam bahasa ini.

Kategori Noun

Terdapat beberapa kategori noun dalam bahasa Inggris, seperti common noun, proper noun, collective noun, gerund hingga uncountable noun. Mari kita ulas satu persatu mereka itu apa ? heee heee

  1. Common noun- adalah noun yang merujuk pada seseorang, tempat, atau suatu hal. Namun, noun jenis ini tidak merujuk pada nama noun (nama orang, tempat atau sesuatu) yang spesifik. Contohnya: country, animal, sadness, afternoon, sunset dan lain-lain.
  2. Proper noun- adalah kebalikan dari common noun. Artinya noun yang di maksud adalah noun yang spesifik. Spesifik dalam artian nama orangnya jelas, nama tempatnya jelas dan hal yang di maksud pun juga jelas. Penulisannya menggunakan huruf besar di awal katanya. Contohnya; Jhony Reborn, Indonesia, dan Bandung Lautan Api. 
  3. Collective noun- adalah noun yang menyatakan kelompok orang atau sesuatu hal. Contohnya kata team, public, class, audience dan herd.
  4. An attributive noun- adalah noun yang terbentuk dari gabungan nouns. Contohnya business meeting. Untuk noun ini silahkan lihat dictionary noun.
  5. Gerunds- adalah nouns yang terbentuk dari present participle (-ing form) of a verb. Contoh katanya seperti reading, writing, dan swimming.
  6. Concrete nouns- adalah noun yang merujuk pada benda yang nyata. Contohnya, book, pencil, person, soup dan lain-lain. Lihat grammar rules nouns.
  7. An abstract noun- adalah noun yang merepresentasikan satu hal yang bersifat konsep atau ide. Contohnya; love, presidency, democracy, friendship, beauty, dan knowledge.
  8. Countable noun- adalah noun yang bisa dihitung. Contohnya: fork, spoon, student, ship, bowl, noodle, teacher, 25 books.
  9. Uncountable noun- adalah kategori noun yang tidak dapat dihitung. Contohnya; air, water, music, sugar, coffe, dan understanding.


Itulah kategori noun yang bisa kalian kenali. Dengan mengenali kategori tersebut, pelan-pelan kalian akan bisa membedakan mana concrete noun, mana abstract noun dan lain sebagainya. Sebelumnya juga sudah dijelasakan bahwa semakin kamu banyak menguasai kosa kata (noun) maka semakin mudah pula kamu berkomunikasi, termasuk komunikasi tulis menulis (writing).

Selanjutnya mari kita melihat bagaimna cara menjamakkan sebuah noun dalam bahasa Inggris. Let's keep going guys ...

Cara Menjamakkan Noun

Menjamakkan sebuah noun artinya mengubah singular menjadi plural noun. Keduanya (singular dan plural noun) adalah bagian dari countable dan uncountable noun.

Bagaimana cara merubah singular menjadi plural ? jawabannya dengan menambahkan -s atu -es pada kata bendanya (countable noun). Mari kita lihat contoh kalimat di bawah ini;

  1. One book => two books. Jhon brings two books in his bag.
  2. One lesson => four lessons. I missed not just one lesson today, but four lessons.
  3. One writing competition => three writing competitions. Rasyid won three writing competitions last week.
  4. City => cities. Surabaya City is one of the greatest cities in the world.
  5. Country => countries. There are a lot of countries in this world.

Pada penggunaan uncountable noun, jika kalian ingin menjamakkan noun nya maka dalam bahasa Inggris hal ini tetap dianggap sebagai singular (tunggal) alias tidak bisa dijamakkan. Lihat contohnya di bawah ini;

  1. Gili Labak has purer air than the other island in Madura. Air dalam kalimat ini mengandung arti udara. Penulisannya tetap air, bukan airs.
  2. All knowledge is a good thing (bukan knowledges). Knowledge adalah uncountable noun yang dianggap tunggal dalam penggunaannya.

Terakhir, lihat juga ulasan mengenai noun pada video Noun English Grammar.

Demikianlah ulasan mengenai noun, kategori noun dan cara menjamakkan noun dalam bahasa Inggris. Semoga ulasannya dapat dimengerti dengan baik.

Selamat belajar ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Noun: Definisi, Kategori, dan Cara Menjamakkan Noun"

  1. Penjelasan yg sangat mudah dimengerti ..baru tahu saya jika ada hal/benda yg ternyata tidak boleh ditambahi S maupun ES dan tetep dianggap Singular meskipun hal/benda tersebut terlihat lebih dari 1..thanks informasinya..sangat membantu (y)

    BalasHapus
  2. Penjelasan yang sangat mudah dipahami
    Terima kasih atas ilmunya yg diberikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas miftahul. Semoga bermanfaat.

      Terima kasih pula sudah sering berkunjung di website ini.

      Hapus
  3. Terima kasih ya.. Informasinya sangat membantu:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mutia. Semoga artikel ini membantu belajar anda.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel