Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru Untuk Anda

Tolongtangtugas - Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru 2019 - Apa kabar? Kali ini kak Rasyid akan mengulas hal yang berkenaan dengan dunia kerja dalam negeri. Pembahasan ini kakak angkat untuk membantu mereka/anda yang sedang mencari info bimtek guna meningkatkan profesionalisme kerja.

Pertanyaannya, bimtek seperti apa yang akan kita bahas pada kesempatan ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, mari kita kenali dari lembaga penyelenggaranya terlebih dahulu. Siapa dan bagaimana profil lembaga penyedia bimtek nasional ini.

Seperti yang sudah tertera dalam judul tulisan ini, kak Rasyid akan mengulas bimtek dari sebuah lembaga yang bernama Pusdiklat Pemendagri.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri atau yang lebih dikenal Pusdiklat Pemendagri adalah lembaga yang menjembatani pemerintah dengan dunia industri, begitu juga sebaliknya.

Lembaga ini merupakan lembaga penyelenggara bimtek terbaik yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu diwujudkan dalam bentuk kinerja aparatur pemerintahan ataupun korporasi yang profesional setelah keikutsertaannya dalam bimtek/diklat yang diselenggarakan.

Berdasarkan definisi di atas, maka secara kasar, walaupun belum mengetahui lebih jauh tentang bimtek Pusdiklat Pemendagri, anda bisa menebak bahwa lembaga ini adalah lembaga yang strategis dalam hal pengembangan dunia kerja, khususnya dalam negeri.

Berbicara lebih jauh tentang profil Pusdiklat Pemendagri, kita akan sedikit menyinggung lambang di dalam logo lembaga ini. Diantara beberapa lambang yang terdapat dalam logo tersebut, lambang pohon beringinlah yang menarik perhatian. Penempatannya, tepat berada ditengah dari keseluruhan simbol logo yang ada.

 Apa arti logo tersebut, bagaimana makna yang terkandung di dalamnya?

Arti logo (lihat di bawah) pohon beringin tersebut adalah melindungi, memberi manfaat positif, keteduhan, dan pengayoman. Itulah mengapa kita katakan tadi lambang satu ini menarik, dan nyatanya arti yang dikandungpun demikian.

Logo ini mengisyaratkan bahwa setiap hal yang terkandung dalam kelembagaan Pusdiklat Pemendagri bersifat positif hingga mengayomi setiap peserta bimtek yang mempercayainya. Hal ini juga sesuai dengan komitmen dari lembaga tersebut yang ingin membentuk sumber daya manusia yang profesional dan kompeten, khususnya di pemerintahan melalui penyelenggaraan bimtek nasional di beberapa wilayah Indonesia.


Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru Untuk Anda
Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru Untuk Anda
by tolongtangtugas.web.id


Dalam perjalanannya, lembaga ini bergerak dalam berbagai bidang, seperti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pengadaan barang dan jasa pemerintah, Kaji Banding/Study Banding, In House Training dan Seminar bagi instansi pemerintah baik Eksekutif, Legislatif maupun swasta yang diampu oleh para professional yang berpengalaman dari berbagai latar belakang disiplin ilmu.


Berdasarkan hal yang telah kita ketahui di atas, maka eksistensi Pusdiklat Pemendagri sebagai lembaga penyedia bimtek nasional patut mendapatkan apresiasi di tengah masayarakat Indonesia sebagai sebuah lembaga yang kredibel dan profesional.

Selanjutnya, apabila anda/calon peserta ingin mengetahui Info Bimtek Nasional dari Pusdiklat Pemendagri. Silahkan simak dengan seksama beberapa hal penting di bawah ini.

Dalam tulisan ini, kak Rasyid telah menyusun lima hal penting terkait info bimtek Pusdiklat Pemendagri terbaru untuk diinformasikan pada anda, diantaranya sebagai berikut ..

  1. Visi dan Misi Pusdiklat Pemendagri
  2. Jenis Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri
  3. Manfaat Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri
  4. Jadwal Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri
  5. Lokasi Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri

1. Visi dan Misi Pusdiklat Pemendagri

Hal pertama yang akan kak Rasyid sampaikan mengenai info bimtek Pusdiklat Pemendagri ini adalah Visi dan Misi dari Pusdiklat Pemendagri. Hal ini penting agar anda/peserta memahami betul bagaimana arah Pusdiklat Pemendagri itu sendiri.

Mengusung Motto “BERSAMA MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA”, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (Pusdiklat Pemendagri) merumuskan visi dan misinya sebagai berikut ..


Visi

Mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional. serta mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivator untuk menjadi semakin baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh.


Misi


  • Mendorong peningkatan kemampuan sumber daya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek),/ Sosialisasi, Mendorong peningkatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), Sosialisasi, dan pemahaman informasi.;
  • Bersama masyarakat dan institusi lainnya memberikan kontribusi terhadap terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa;
  • Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui konsultasi publik atas setiap kebijakan yang akan diterapkan, dan Mendorong lahirnya inisiatif, kreatif dan kemandirian masyarakat;
  • Meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan yang dilakukan.

2. Jenis Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri

Berpijak dari Motto serta Visi dan Misi di atas, sekaligus menjadi hal penting kedua terkait info bimtek Pusdiklat Pemendagri adalah jenis bimtek atau diklat yang bisa anda/peserta pilih. 

Pusdiklat Pemendagri menawarkan berbagai Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) dan Bimtek (Bimbingan Teknis) kepada anda/peserta yang berguna untuk meningkatkan kompetensi dan membangun tim kerja yang efektif. Hal ini secara jelas tertuang dalam maksud dan tujuan kegiatan Pusdiklat Pemendagri yang bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas SDM dan mensosialisasikan serta mensikronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri, begitupun sebaliknya pelaku industri dapat memberikan masukan dan kontribusi kepada pemerintah.

Terdapat enam belas Bimtek/Diklat yang disediakan Pusdiklat Pemendagri untuk para peserta/anda. Apa saja pilihan Bimtek/Diklat tersebut? Silahkan anda simak di bawah ini ..

  • Bimtek/Diklat DPRD
  • Bimtek/Diklat Desa/Lurah/Camat
  • Bimtek/Diklat Keuangan
  • Bimtek/Diklat Kepegawaian
  • Bimtek/Diklat Barang dan Aset
  • Bimtek/Diklat Pemerintahan Daerah
  • Bimtek/Diklat Barang/Jasa Pemerintah
  • Bimtek/Diklat Kearsipan
  • Bimtek/Diklat Kesehatan & Rumah Sakit
  • Bimtek/Diklat Perpajakan
  • Bimtek/Diklat Penanaman Modal
  • Bimtek/Diklat UKM / UMKM
  • Bimtek/Diklat SATPOL PP
  • Bimtek/Diklat Kependudukan dan Capil
  • Bimtek/Diklat Perusahaan/BUMD/BUMN
  • Bimtek/Diklat Bidang Hukum

Dari keenam belas pilihan Bimtek/Diklat yang disebutkan diatas, peserta/anda dapat memilih manakah Bimtek/Diklat yang diminati. Peminatan tentu harus diselaraskan dengan jabatan atau profesionalisme anda sendiri.

Setelah memilih Bimtek/Diklat mana yang akan diikuti, anda sebagai peserta selanjutnya akan diberikan materi sesuai Bimtek atau Diklat yang dipilih. Terdapat banyak sekali materi bimtek disana. Tugas anda hanya perlu mensinkronkan bimtek/diklat serta materinya dengan jabatan anda. Sehingga hasil yang didapat nantinya akan maksimal.

Dalam pelaksanaannya nanti, anda akan digembleng secara inten dalam bimbingan teknis dan pelatihan tersebut sehingga pada akhirnya anda/peserta bimtek paham betul mengenai pelatihan yang diberikan. Tentunya, hasil dari bimtek atau pelatihan yang diikuti akan menambah skill serta meningkatkan profesionalisme masing-masing peserta.


3. Manfaat Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri

Pada bagian kedua tadi sempat disinggung manfaat yang didapat dari bimtek. berikutnya, pada bagian ketiga ini, kak Rasyid akan menginformsikan lebih jauh manfaat Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri di atas.

Ulasan pada bagian ini sebagai gambaran bagi calon peserta yang akan mengikuti bimtek atau diklat nanti. Oleh karena itu, tidak semua manfaat bimtek atau diklat akan kita ulas disini. Kendati demikian, setidaknya anda/peserta dapat mengambil gambaran manfaatnya.

Kak Rasyid sudah menyarikan tiga manfaat dari berbagai pilihan Bimtek/Diklat yang ada, diantaranya (1) Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa, (2) Bimtek Pemerintahan, dan (3) Bimtek Kearsipan.

3.1 Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa
Manfaat yang didapat dalam Bimtek ini adalah kemantapan pengelolaan keuangan desa. Seperti yang kita ketahui bahwa pengelolaan keuangan desa dimulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan. Untuk mewujudkan kemantapan pengelolaan keuangan desa tersebut maka peserta/anda akan diberikan pelatihan selama 2 hari yang akan mengupas materi merancang pendapatan dan belanja desa dalam kurun waktu tertentu di masa yang akan datang, implementasi atau eksekusi dari dana APBD yang telah dirancang, pencatatan seluruh transaksi keuangan yang dilakukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun anggaran, dan penyampaian hal-hal penting yang mempunyai hubungan dengan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu periode anggaran.

3.2 Bimtek Pemerintahan
Diantara beberapa manfaat yang akan peserta/anda dapat dalam Bimtek ini adalah penguasaan/skill bidang yang dijalankan, personality building yang diperlukan oleh seorang aparatur, serta pelatihan kepemimpinan.

3.3 Bimtek Kearsipan
Dalam Bimtek ini peserta/anda akan dilatih menjadi sumber daya manusia aparatur yang handal. Kemampuan dan profesionalisme peserta/anda akan ditingkatkan sehingga persona peserta/anda akan menjadi investasi yang berharga bagi sebuah pemerintahan untuk menangani Arsip Daerah.


4. Jadwal Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri

Berdasarkan pembagian waktu kegiatan yang sudah terencana dalam pengaturan urutan kerja, daftar dan tabel kegiatan, Pusdiklat Pemendagri merincikan rencana kegiatan bimteknya di berbagai daerah di Indonesia sebagai berikut:

  • Jakarta
  • Bali
  • Bandung
  • Batam
  • Makassar
  • Lombok
  • Malang
  • Manado
  • Medan
  • Padang
  • Palangkaraya
  • Palembang
  • Pekanbaru
  • Samarinda
  • Semarang
  • Surabaya, dan
  • Yogyakarta/Jogja

5. Lokasi Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri

Hal penting terakhir mengenai info bimtek Pusdiklat Pemendagri adalah lokasi bimtek atau diklatnya. Dengan memerinci jadwal di atas, di bawah ini kak Rasyid akan merincikan lokasi Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri pada tiga kota besar di Indonesia yang mungkin bisa membantu anda dalam memilih lokasi Bimtek yang pas, diantaranya:

5.1 Jakarta
Lokasi Bimtek yang ada di Jakarta tersebar dalam tiga lokasi, yaitu:

Hotel Ibis Style Jakarta


lokasi bimtek pemendagri Jakarta
Hotel Ibis Style Jakarta

Hotel Oasis Amir Jakarta


lokasi bimtek pemendagri Jakarta
Hotel Oasis Amir Jakarta

Fave Hotel LTC Glodok Jakarta


lokasi bimtek pemendagri Jakarta
Fave Hotel LTC Glodok Jakarta

5.2 Bandung
Hotel Cemerlang Bandung – Jl. HOS. Tjokroaminoto (Pasir Kaliki) No.45, Kota Bandung


lokasi bimtek pemendagri Bandung
Hotel Cemerlang Bandung

5.3 Surabaya
Hotel Quest Surabaya - Jl. Ronggolawe No.27 – 29, Wonorejo, Tegalsari, Kota SURABAYA.


lokasi bimtek pemendagri Surabaya
Hotel Quest Surabaya

Itulah ketiga lokasi Bimtek/Diklat pada tiga kota besar yang bisa kak Rasyid sampaikan. Untuk mengecek berbagai lokasi Bimtek/Diklat di berbagai kota lain di Indonesia, bisa anda lihat di >> Lokasi Diklat

Sebelum mengakhiri tulisan ini, sekaligus melengkapi info bimtek nasional Pusdiklat Pemendagri. Berikut ini kak Rasyid berikan update jadwal dan lokasi bimtek bulan April Mei dan Juni 2019 beserta dengan cara mendaftarnya.

Silahkan anda cek hal tersebut pada tiga gambar di bawah ini :


 jadwal lokasi bimtek Pusdiklat Pemendagri
Jadwal Bimtek April 2019


 jadwal lokasi bimtek Pusdiklat Pemendagri 2019
Jadwal Bimtek Mei 2019


 jadwal lokasi bimtek
Jadwal Bimtek Juni 2019


Cara Daftar Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Untuk mendaftar sebagai peserta bimtek nasional, silahkan baca syarat dan ketentuan dibawah ini :

  1. Membayarkan biaya Sebesar Rp. 3.500.000,- / Peserta (Tidak Menginap)
  2. Membayarkan biaya Sebesar Rp. 4.500.000,- / Peserta (Menginap)
  3. Membawa Surat Tugas/SPPD.
  4. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.
  5. Pendaftaran dapat dilakukan by Phone / SMS / Whatsapp dengan menyebutkan pilihan tema pelatihan atau bimtek yang akan diikuti.


Terakhir, jika anda berniat untuk mengikuti Bimtek/Diklat Pusdiklat Pemendagri, di bawah ini kak Rasyid siapkan kontak yang bisa anda hubungi untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut. 


Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (Pusdiklat Pemendagri)

Sekretariat : Jl. Cemara Ujung Blog 11 No. 2 Lantai 1 Jakarta Utara 14260
Telepon/Fax: 021 – 22.443.223
Hp/WA: 081-294-377-777
Website : www.pusdiklatpemendagri.com
Email : admin@pusdiklatpemendagri.com / pusdiklatpemendagri@gmail.com

Demikianlah Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru Untuk Anda yang bisa kak Rasyid informasikan. Anda boleh melanjutkan atau share info Bimtek Nasional Pusdiklat Pemendagri ini pada teman atau kolega anda yang sedang membutuhkannya.

Baca Juga : Sabun Transparan ADEv Natural

Salam hangat ..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Komentar untuk "Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru Untuk Anda"

  1. terima kasih mas infonya sangat lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama ..

      Senang rasanya artikel ini bisa membantumu yang sedang mencari info bimtek pusdiklat pemendagri ..

      Hapus
  2. Informasinya sangat lengkap n sangat membantu sekali
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Miftahul ..

      Saya ikut senang jika info bimtek pusdiklat pemendagri di atas bisa bermanfaat untuk anda ..

      Hapus
  3. Terimakasih mas info nya sangat lengkap sekali mas dan juga sangat membantu mas terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mas Aditya. Senang rasanya bisa berbagi info bimtek Pusdiklat Pemendagri terbaru ini untuk anda.

      Hapus
  4. Terimakasih mas rasyid atas Info bimtek pusdiklat pemendagri terbaru. Akhirnya saya tahu apa itu bimtek baik itu visi misi, pengertian, dan jadwal terbarunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama .. Senang bisa membantumu memahami info bimtek pusdiklat pemendagri di atas.

      Hapus
  5. Terima kasih kak rasyid atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mas Jendral Malam.

      Semoga info bimtek di atas bermanfaat bagi anda.

      Hapus
  6. Ulasan yang lengkap dan menarik untuk dibaca dan disimak tentang informasi bimtek pusdikaklat pemendagri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pujiannya, mas Sofwan.

      Senang rasanya bisa memberikan ulasan yang lengkap dan menarik sehingga bisa menjadi referensi bacaan untuk anda.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel