5 Fakta Membanggakan Karya Anak Bangsa

Tolongtangtugas - Karya membanggakan anak-anak bangsa memang manis untuk dikisahkan. Apalagi buah tangan mereka dapat mendunia, makin membuat harum nama Indonesia. Benar, bukan?

Atas dasar itulah pada kesempatan kali ini kak Rasyid akan berbagi cerita kesuksesan putera-puteri Indonesia pada kalian. Dalam ceritanya nanti akan ada lima sosok manusia hebat yang bisa menginspirasi kita bersama, tak kalah dengan kisah fabel yang pernah kakak tulis sebelumnya.

Lima Fakta Membanggakan Karya Anak Bangsa
Fakta Membanggakan Karya Anak Bangsa

Siapa saja insan Juara tersebut? Mari kita kenali satu persatu.

1. B.J. Habibie
Apa yang kita tahu dan ingat saat mendengar nama beliau. Presiden Republik Indonesia? Ya, benar.

Beliau adalah salah satu putera terbaik bangsa yang berhasil menjadi Presiden di negaranya. Namun, prestasinya tidak hanya itu saja.

Sumbangsihnya terhadap negara juga hadir dalam bidang Kedirgantaraan (Penerbangan). Beliau tercatat sebagai manusia pertama yang menemukan teori dan metode penerbangan. Temuannya tersebut dikenal sebagai Metode Habibie.

Berkat buah tangan B.J. Habibie lah dunia penerbangan bisa terbantu. Para insinyur dapat dengan mudah menghitung keretakan sebuah pesawat sampai ke tingkat atom.

2. Dr. Warsito P. Taruno
Bagian kedua ini cukup membuat geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, Dr. Warsito berhasil menemukan sebuah alat yang dapat mengetahui otak kita.

Alat tersebut mampu menjadi instrument Pemindai otak 4D atau yang lebih dikenal dengan nama ECVT. Berkat temuannya ini, para ilmuan di berbagai belahan dunia dimungkinkan untuk bisa meriset otak manusia.

Caranya?

Dengan memanfaatkan sinyal-sinyal listrik yang direkam, kemudian membangun ulang volumetrik dan aktivitas otak.

Baca Juga: Les Privat Bahasa Indonesia

3. Prof. Dr. Ir. Sedijatmo
Inilah putera Indonesia yang membantu merekayasa bangunan rumah anda bahkan gedung-gedung perkantoran yang menjulang hingga beratus meter tingginya. Karya Prof. Sedijatmo tersebut ditemukan pada tahun 1961, namanya Konstruksi Fondasi Cakar Ayam.

Dengan teknologi konstruksi tersebut memungkinkan kita membangun fondasi bangunan yang kuat sekalipun bagunan berdiri di tanah yang lunak. Bangganya lagi, teknologi ini kemudian dipatenkan lebih dari 40 negara. Luar biasa, kan?

4. Dr. Eniya Listiani Dewi
Pernahkan kamu mendengar Bahan Bakar Membran Sel? Bahan bakar inilah yang ditemukan oleh Dr. Eniya.

Pertanyaannya, bagaimana cara kerja bahan bakar tersebut?

Pada intinya, teknologi ini membuat kita dapat merubah Hidrogen menjadi Energi Listrik. Berbeda dengan bahan bakar minyak, yang semakin hari kian menipis. Temuan Dr. Eniya tersebut tidak perlu mengkhawatirkan kehabisan bahan baku untuk membuat listrik.

Temuan ini sekaligus bisa menjadi harapan bagi bangsa Indonesia di masa mendatang dalam bidang perlistrikan Nasional.

5. Dr. Ir. Yudi Utomo Imardjoko
Terakhir adalah Dr. Yudi yang berhasil menciptakan Kontainer Penyimpan Limbah Nuklir. Teknologi itu beliau temukan sesaat setelah diminta oleh Pemerintah Amerika Serikat yang mulai gelisah terhadap kondisi limbah nuklir di nergaranya.

Karya dari Dr. Yudi ini patut diapresiasi oleh kita. Karena temuannya dapat dikenal oleh dunia, apalagi di negara Paman Sam.

Kendati demikian, buah tangan membanggakan dari putera terbaik Indonesia tersebut belum bisa diaplikasikan oleh negara kita. Sebab, Indonesia masih belum menjadi negara yang memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir seperti Amerika.

Itulah kelima fakta membanggakan karya anak bangsa yang pantas menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia di masa depan. Prestasi mereka yang mendunia kita harapkan dapat disusul oleh ilmuan-ilmuan baru yang lahir di negara kita. Semoga.

Apabila kalian ingin membaca fakta menarik atau artikel lain yang serupa, bisa dibaca di Infia yang menyajikan artikel edukasi dan fakta untuk pembacanya.

Salam hangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Membanggakan Karya Anak Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel