Keceriaan Belajar Bersama Elfan

Tolongtangtugas – Hari ini kak Rasyid akan kembali membuat review belajar. Sama seperti sebelumnya, review ini adalah bagian dari les privat yang kakak miliki. Tepatnya les privat bahasa Inggris untuk siswa dan siswi TK, SD dan SMP.

Pada bagian terdahulu, kakak sudah menulis review belajar bersama Raisa. Di sana kak Rasyid sudah menceritakan bagaimana kesan les privat dari Raisa. Bila kamu penasaran dan belum sempat membacanya, silahkan kamu baca artikelnya Di sini.

Les Privat Bahasa Inggris Pamekasan
Belajar Bersama Elfan

Jadi, Raisa itu adalah siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pamekasan yang sampai saat tulisan ini dibuat masih aktif belajar bersama kak Rasyid. Dia adalah anak kedua dari Bapak H. Fikri yang sekarang duduk di bangku kelas 7.

Menjelang semester pertama les privat pada kakak, ada kabar baik yang diutarakan oleh orangtua Raisa beberapa waktu lalu (10-12-2019). Saat itu kak Rasyid sempat bercengkrama dengan orangtuanya perihal bagaimana perkembangan belajar dari Raisa. Alhamdulillah, tidak disangka. Raisa mengalami perkembangan prestasi akademik yang cukup baik.

Dengan wajah sumringah orangtua Raisa menyampaikan bahwa anak tersebut mendapatkan nilai yang bagus pada mata pelajaran bahasa Inggrisnya (Penilaian Tengah Semester/PTS Ganjil 2019). Nilai pelajarannya mengalami peningkatan yang cukup bagus. Berbeda dari sebelum les privat pada kak Rasyid.

Keberhasilan itu tidak hanya manis di hati orangtua Raisa saja. Ternyata, menurut info dari sang Ibu, Raisa pun mendapat ganjaran nyata dari usaha kerasnya belajar. Atas prestasi tersebut, dia mendapat kado manis dari sang wali kelas yang kebetulan menjadi guru bahasa Inggrisnya. Selamat. Kakak ikut senang mendengarnya.

Nah, itulah sekilas update kabar gembira dari Raisa yang telah lebih dulu menjadi siswi les privat tolongtangtugas milik kak Rasyid. Bagaimana dengan Elfan? ...

Keceriaan seperti apa yang hadir saat belajar bersama anak satu ini? ..

Tentang Belajar Elfan

Hampir satu bulan ini Les Privat Tolongtangtugas mempunyai siswa baru bernama Elfan. Anak pertama dari Bapak Edi yang sekarang duduk di bangku kelas 6 SD. Elfan tergolong dalam anak yang aktif dan energik.

Tiap kali anak ini datang untuk les, ia selalu bersemangat. Bawaannya riang, tergambar jelas dari raut wajahnya. Lepas mengucap salam, biasanya Elfan minta izin untuk duduk. Menunggu kak Rasyid menyiapkan alat tulis dan media yang dipakai dalam lesnya.

Les Privat Bahasa Inggris Pamekasan
Keceriaan Belajar Elfan

Sebagaimana tadi disinggung, anak yang aktif dan energik adalah mereka yang selalu menemukan hal-hal yang ingin dikomunikasikan. Begitulah Elfan. Dalam perjalanan belajarnya, dia sering menyelingi waktu belajar miliknya sambil bercerita atau bertanya hal-hal baru yang ia temukan.

“Kalo seperti itu, apa Mister?” Kata Elfan bertanya.
“Aku punya teman yang suka bercanda di sekolah Mister. Namanya ........”
“Kenapa kata ini bunyinya tidak sama dengan tulisannya? Aneh !” Katanya saat belajar.

Begitulah dia. Kakak yang mendengar tanya dan ceritanya harus ikut hanyut dalam gaya belajar anak ini. Bagi kak Rasyid, belajar bukanlah hal yang monoton. Harus A. Harus B. Harus C. Tidak demikian.

Belajar mestilah seirama dengan si anak. Bagaimana mereka belajar, sejauh mana kemampuannya, dan menemukan cara terbaik bagi sang anak dalam menagkap materi pelajaran yang diajarkan. Termasuk harus dengan bercerita atau sambil curhat-curhatan, seperti Elfan. ^_^

Mau tahu cerita apa saja yang pernah diceritakan Elfan?

Mulai dari adik, nama-nama temannya, aktivitas di sekolah, bagaimana suasana desanya di Pegantenan hingga game-game yang dia mainkan di gadget sudah pernah anak ini utarakan. Banyak pokoknya referensi cerita Elfan ini. Seru ...

Jika boleh menuliskan cerita mengenai teman Elfan, kira-kira begini saat dia bercerita:

Elfan: “Mister, Aku punya temen di sekolah yang suka bolos. Dia itu suka main. Sering bercanda tok di kelas, Mister. Kadang dia ajak aku juga buat bolos. Hahaha”
Saya jawab: “Kamu ikut bolos juga, ya?”
Elfan: “Kadang aku ikut. Aku kalau bolos keluar pagar sekolah, Mister. Aku pulang kerumah sebentar. Lalu balik lagi ke sekolah.”
Saya: “Oh, iya harus balik lagi. Sekolah kan belum pulang.”
Elfan: “Iya, temenku itu lebih cepat aku balik ke sekolahnya. Hahahaa”

Dari narasi Elfan di atas, ada hal yang lucu. Maklumlah, anak-anak. Jadi, makna bolos bagi mereka itu adalah main ke rumah sebentar, lalu balik lagi ke sekolah.

Jarak antara rumah Elfan sendiri dan temannya tidak jauh dari sekolah. Hanya berjarak kurang lebih 10-15 meter saja. Makanya bolos (alias pulang kerumah sebentar) versi anak-anak seperti Elfan bisa dilakukan. Eits, buat kamu yang rumahnya jauh dari sekolah jangan diikuti, ya! Jam istirahat main di area sekolah saja, agar tetap aman dan bisa dijaga bapak dan ibu guru di sekolah. Oke? ...

Dari sisi kognitif/daya tangkap belajar, Elfan adalah anak yang bisa dibilang cekatan. Materi vocabulary (kosa kata bahasa Inggris) yang kak Rasyid berikan dapat dengan mudah ia hafal. Pelafalan (Speaking) dari kosa kata itupun bagus.

Titik yang perlu dilatih lagi pada anak ini hanya pada bagian tulis-menulis (Writing). Elfan sering salah tulis huruf, kapan menulis huruf kapital dan mana yang tidak. Selebihnya, dia mendapat nilai 90. Nilai 100 nya masih kak Rasyid kantongi dulu .. ^_^

Cerita tentang Elfan tidak hanya sampai di situ saja. Hal yang membuat kak Rasyid kagum adalah orangtua Elfan yang rela mengantar anaknya les privat ke Pamekasan. Pasalnya, lokasi rumah anak ini berada di pelosok desa di bagian utara Kabupaten Pamekasan sana. Bisa kamu cek langsung di Google Maps jarak antara rumah Elfan yang berada di utara kantor Kecamatan Pegantenan, menuju ke kecamatan Pamekasan – Kelurahan Kowel (rumah kak Rasyid).

Kakak salut pada perjuangan orangtuanya. Pengorbanan luar biasa dari orangtua untuk pendidikan sang anak. Dua jempol ...

Harapan dan Salam Penutup

Sebagai guru privat dari Elfan, kak Rasyid berdoa semoga Elfan bisa membanggakan orangtuanya di masa depan lewat prestasi-prestasinya. Jerih payah dan pengorbanan ibu dan ayah semoga dapat terbalas dengan capaian yang gemilang dari Elfan di masa mendatang. Amiin ..!

Lebih lanjut, semoga Elfan istiqomah pada minat belajarnya yang begitu besar seperti saat ini. Agar doa-doa dan harapan dari ayah dan ibu serta kak Rasyid sendiri bisa terwujud segera.

Nah, sampai di sini dulu kisah tentang Elfan. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Semoga bisa menginspirasi para orangtua dan pembaca di rumah.

Akhir kata, jika kamu ingin seperti Elfan, belajar bersama kak Rasyid. Silahkan kamu baca caranya pada tulisan kakak yang berjudul Les Privat Bahasa Inggris ini. Selamat membaca ..

Salam hangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Keceriaan Belajar Bersama Elfan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel