Cerita Dongeng Katak yang Sombong Lengkap dengan Unsur Cerita dan Amanat

Tolongtangtugas - Gembira rasanya bisa mendongeng kembali di sini. Kalian sudah tahu cerita dongeng katak yang sombong, belum? Kalau mau tahu cerita katak ini, baca terus sampai selesai.

Karena kali ini, kak Rasyid akan bercerita tentang seekor katak yang memiliki sifat sombong, dilengkapi dengan unsur cerita dan amanatnya. Seperti apa kisah lengkapnya, ayo kita mulai ..!

Cerita Dongeng Katak yang Sombong

Dahulu kala, hiduplah seekor katak muda berwarna hijau. Katak itu bernama Jojo. Nama Jojo didapat dari warna tubuhnya yang memiliki warna hijau.

Dongeng Katak yang Sombong
Dongeng Katak yang Sombong

Jojo saat itu berusia tujuh tahun. Usia yang sangat asyik untuk menikmati masa-masa bermain. Sama seperti anak-anak hewan lainnya yang tampak senang dalam dunia main mereka.

Namun, si katak muda ini berbeda. Diantara hewan-hewan sepermaianannya, Jojo lah yang paling menonjol. Banyak teman-temannya yang mengakui kelebihan yang ia miliki.

Tahukah kamu, apa kelebihan Jojo? ..

Ya, Jojo memiliki otot kaki yang kuat. Jika dia melompat, maka lompatannya bisa 3 sampai 4 kali lipat dari lompatan hewan seusianya. Hebat, kan ..

"Dengan usia yang masih muda seperti itu, Jojo akan menjadi atlet lompat jauh yang hebat nanti!" Kata teman-teman katak muda itu.

Hari-hari berlalu. Kemampuan yang dimiliki Jojo kian meningkat. Akan tetapi suatu hal yang aneh terjadi. Jojo kini mulai berubah. Katak muda itu mulai sombong.

Teman-teman Jojo mulai tidak enak dengan kebiasaan si katak ini sekarang. Saat semua hewan berkumpul, jam 06.00 pagi di lapangan untuk berolahraga, Jojo acap kali menantang tamannya yang lemah dalam melompat.

Tak hanya itu, Ia malah sering meledek temannya yang kalah adu melompat dengannya. Sambil mengatakan, "Dasar loyo," pada temannya.

Akibat sifatnya yang sombong, kini anak-anak hewan yang tinggal di lapangan Meranti tidak suka dengan Jojo.

"Jojo, sombong sekarang kawan-kawan." Kata Otok seeokor anak jangkrik.

"Iya, kamu betul. Dia mulai besar kepala. Masak kemarin aku dikatai 'Loyo' olehnya." Jawab Juju katak Belentuk (katak berbintil) yang bertubuh gembung.

Sampai suatu ketika, para anak binatang di lapangan Meranti sepakat menantang Jojo lomba lompat jauh. Puluhan hewan pun ikut serta dalam lomba itu.

Aturannya, jika Jojo mampu mengalahkan semua anak binatang yang ikut lomba. Maka dia akan diakui dan diberi hadiah besar.

Lomba pun dimulai. Anak jangkrik mengawali perlawanan dengan Jojo.

"Priiiit!" Keduanya melompat dan diukur seberapa jauh lompatan mereka.

Setelah diukur, pemenangnya Jojo si katak muda.

"priiiit!" Dimulai lagi. Kali ini jangkrik muda mencoba peruntungannya bertarung lompat jauh dengan Jojo.

Namun, Jangkrik muda juga kalah setelah diukur.

Begitupun seterusnya. Tiap anak binatang di lapangan Meranti ikut serta dalam lomba tersebut. Tak tersisa satu pun, karena memang sudah berencana ingin sekali mengalahkan si Jojo.

Hingga akhirnya, Jojo mulai kelelahan. Kaki kakinya mulai lemas. Sudah banyak lawan-lawannya ia kalahkan. Tingal satu hewan yang belum, namanya Panggul.

Ia adalah anak katak jenis Katak Panggul yang mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar, hampir menyamai tubuh Jojo. Kaki-kakinya pun hampir mirip dengan milik si Jojo, kuat dan panjang.

"Priiit!" Peluit lomba terakhir dibunyikan. Dua anak katak sama-sama melompat sekuat tenaga.

"Hiiaaaaaat," Kata Jojo dan Panggul berteriak semangat.

Mereka berdua mendarat di posisi masing-masing. Usaha terbaik sudah dilakukan pula. Kemudian juri pengukur jauhnya lompatan mengahampiri keduanya.

Jojo melompat sejauh 1 meter, sedangkan Panggul jauh lebih unggul dengan jarak 2 meter. Panggul mengungguli lompatan Jojo. Semua peserta yang ikut lomba bertepuk tangan.

"Hore, selamat Panggul kamu menang." Ucap para peserta.

Mendapati dirinya kalah, Jojo berdiam diri. Ia tampak bersalah, menyalahkan dirinya sendiri. "Kenapa aku bisa kalah?" Tanyanya dalam hati.

Ia pergi keluar dari arena lomba di lapangan Meranti, ia malu. Tak satupun hewan peserta lomba yang menyapa Jojo. Mereka hanya meneriaki Panggul yang menang.

Sesampainya di rumah, Jojo berpikir keras. Merenungi kekalahan yang menimpanya. Sampai akhirnya ia sadar, bahwa dirinya memiliki keterbatasan. Tak mungkin dia mampu mengalahkan semua binatang di lapangan Meranti.

Tantangan kemarin pun akhirnya disadari Jojo, bahwa hal itu adalah upaya teman-teman yang ia kenal baik dulu untuk memberinya pelajaran. Jojo sadar, sikapnya yang sempat sombong dan merendahkan temannya adalah hal yang keliru.

Keesokan harinya Jojo si katak muda memutuskan menemui teman-temannya di lapangan Meranti. Dia meminta maaf atas sikapnya selama ini. Jojo dan teman-teman binatang di lapangan Meranti pun kembali bersahabat seperti sedia kala.

-Sekian.-

Baca juga : Dongeng Kucing dan Ikan

Amanat Cerita Dongeng Katak yang Sombong

Nah, dari cerita dongeng katak yang sombong di atas, kita bisa mengambil pelajaran yang berharga untuk dijadikan panutan. Apa amanat/pelajaran tersebut?

Amanat dalam cerita dongeng katak itu adalah :
Jauhilah sifat sombong dalam berteman agar kita tidak dijauhi oleh teman-teman kita.


Unsur Cerita Dongeng Katak yang Sombong

Bagaimana dengan unsur ceritanya, kak Rasyid? Baiklah. Kita jabarkan bersama unsur cerita dalam dongeng katak yang sombong di atas.

Struktur dongeng terbagi dalam tiga bagian :

- Pendahuluan : Pendahuluan dalam cerita dongeng yang kak Rasyid buat di atas dimulai dari pengenalan siapa Jojo. Mulai dari kata dahulu kala - kata kelebihan yang dimiliki.

- Isi : Bagian isi cerita dongeng di atas dimulai dari kata Tahukah kamu - kata Binatang di lapangan meranti.

- Penutup : Bagian akhir atau penutup berada di bagian 2 paragraf terakhir dari kata Tantangan kemarin - kata Sedia kala.

Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Katak yang Sombong

Pada bagian pembahasan unsur intrinsik ini, yang perlu kita kenali ada lima bagian. Diantaranya adalah tema, alur, penokohan, latar dan amanat.

Kelima bagian tersebut adalah unsur intriksik sebuah dongeng. Dibawah ini kalian bisa lihat apa saja unsur intrinsik cerita dongeng katak yang sombong di atas :

  1. Tema : Katak yang sombong
  2. Alur : Maju
  3. Penokohan : Jojo (katak yang sombong), Otok dan Juju (baik), dan Panggul (baik).
  4. Latar : Lapangan Meranti
  5. Amanat : Amanat dari cerita dongeng ini bisa kamu lihat kembali di atas. Sudah kak Rasyid tulis.

Demikianlah Cerita Dongeng Katak yang Sombong karya kak Rasyid kali ini. Semoga bisa menghibur dan menjadi bahan belajar kalian yang membacanya di rumah. Semangat belajar, ya ..

Salam hangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cerita Dongeng Katak yang Sombong Lengkap dengan Unsur Cerita dan Amanat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel