Mengupas Kata-Kata Bahasa Inggris

Jika kamu baru belajar bahasa Inggris, maka kamu akan banyak menemukan kosa kata baru yang dirasa harus kamu hafal semua di luar kepala. Tujuannya agar di kemudian hari saat menemukan kata yang sama tidak kebingungan lagi mengenai maknanya.


Di antara kosa kata yang kita pelajari tersebut terkadang juga ada yang berupa akronim atau singkatan.


Akronim adalah kependekan kata yang terbentuk dari gabungan huruf maupun suku kata. Biasanya terbentuk dari awalan tiap-tiap kata yang digabungkan menjadi kata baru.


Misalnya, jika dalam bahasa Indonesia kita sering mendengar kata “Pilpres” dan “Hardiknas”; yang masing-masing merupakan kependekan dari “Pemilihan Presiden”, dan “Hari Pendidikan Nasional”. Dua kata singkatan tadi merupakan contoh dari akronim dalam bahasa Indonesia.


Lantas bagaimana dengan akronim bahasa Inggris?


Dalam akronim Bahasa Inggris pada dasarnya tidak jauh berbeda dari versi bahasa Indonesia. Akan tetapi, ada kalanya dia berkaitan dengan abbreviation yang mana berbentuk singkatan.


Abbreviation tidak menyingkat sebuah frasa atau kumpulan kata (seperti pada contoh bahasa Indonesia di atas) dengan menjadikannya sebuah kata baru. Contohnya, kita pasti sering menjumpai kata “Mister” disingkat menjadi “Mr.” 


Abbreviation tidak selalu menciptakan sebuah kata baru, tetapi hanya berupa bentuk pendek atau singkatan saja. Berikut adalah beberapa contoh akronim atau singkatan Bahasa Inggris yang paling sering digunakan dan akan berguna bagi kamu yang baru mempelajari bahasa Inggris.


1. DOB - date of birth. salah satu singkatan bahasa Inggris yang paling umum ditemukan pada formulir dan dokumen resmi.

2. AKA – also known as. Ini digunakan saat merujuk pada orang yang memiliki nama pena, nama panggung, atau jenis alias lainnya, seperti Reginald Dwight (AKA Elton John), Stefani Joanne Angelina Germanotta (AKA Lady Gaga) atau Eric Arthur Blair (AKA George Orwell ).

3. ASAP – as soon as possible. Sesegera mungkin, sesuatu yang mungkin ditambahkan atasan kamu di akhir email saat dia menginginkanmu menyelesaikan laporan itu secepat mungkin.

4. DIY – do-it-yourself. Kata Ini mungkin terdengar seperti perintah yang kamu sampaikan pada seseorang, tetapi sebenarnya ini merujuk pada mendekorasi rumahmu sendiri atau melakukan perbaikan atau perbaikan sendiri, daripada mempekerjakan seorang profesional.

5. YOLO – you only live once. Yolo mengandung makna motivasi agar membuat hidupmu lebih bermakna, jangan diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. 

6. OMG – Oh my god. Singkatan bahasa Inggris yang satu ini sering dipakai dalam percakapan bahasa Inggris yang dilakukan secara langsung. Singkatan ini menunjukkan ekspresi atau reaksi dari ucapan lawan bicara. Ucapan “oh my God” menunjukkan rasa terkejut atau tidak percaya mengenai satu informasi yang baru diterima dari lawan bicara, baik informasi yang menyenangkan atau yang menyedihkan.

7. FYI - For your information. FYI digunakan saat seseorang ingin memberikan informasi yang diyakini belum diketahui oleh lawan bicara. FYI juga sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris yang dilakukan melalui pesan singkat atau aplikasi chat.

8. IMO - In my opinion. IMO bisa digunakan dalam percakapan teks maupun percakapan langsung. IMO dipakai saat kamu ingin mengemukakan pendapatmu akan suatu hal. Biasanya, IMO kamu gunakan jika lawan bicara memiliki pendapat yang berbeda, sehingga kamu ingin menyampaikan pendapat pribadi kamu kepadanya.


Dari kedelapan contoh akronim di atas, kita bisa tahu bahwa masing-masing akronim memiliki tujuan penggunaannya. Dengan sedikit usaha memahami setiap singkatan di atas, kita akan terbantu saat melakukan percakapan maupun berbalas pesan pada lawan bicara kita.


Jangan ragu untuk praktek beberapa akronim di atas. Selamat mencoba ..

Kak Rasyid

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Mengupas Kata-Kata Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel