Resolusi di Tahun Kerbau Logam

Sudah menjadi tradisi. Di awal-awal tahun berita daring nasional ramai. Ya, ramai tentang bagaimana nasib di tahun 2021 ini.

Tahun ini adalah tahun kerbau logam. Tahun yang menurut kabar, membawa keberuntungan bagi pemilik Shio Monyet. Juga sedikit pesan kewaspadaan di dalamnya.

Bunyinya kurang lebih begini; Shio Monyet akan mendapatkan keberuntungan dan sedikit kesialan di tahun Kerbau Logam 2021 ini. Untungnya, kamu akan memiliki banyak jalan untuk berkembang ketika dihadapkan pada tantangan. Saran untuk shio Monyet tahun ini adalah, lebih banyak bersyukur, lebih positif, lebih baik hati, lebih rendah hati, dan lebih jeli mempertimbangkan sesuatu.


Netizen yang gemar membaca Shio tahunan tentu akan bersemangat mendengar Shio-nya ‘hoki’ di tahun ini. Mungkin juga anda, teman, famili bahkan termasuk saya.

Pesan motivasi ini tak boleh dilewatkan. Mengutip kata-kata anak JamanNow, ‘kudu garcep’. Hehe...

Supaya ‘garcepnya’ nyata. Saran saya jika ada kesempatan jangan sampai terlewatkan. Langsung Gasss ..

Hoki Pertama

Tanggal 4 Maret lalu, saya terpilih sebagai peserta dalam acara yang diselnggarakan oleh EJSC (East Java Super Corridor) di Bakorwil Pamekasan tempat saya tinggal.

Acaranya dimulai jam 9 pagi sampai sore, sekitar jam 15.30.

Dalam acara itu, saya berkesempatan belajar Design memakai Photoshop dengan tema acara Designing Graphic Content for Social Media. Mentornya adalah seorang Creative Director di salah satu platform berita nasional. Namanya Juang M Nugraha. 



Dalam kelas belajar bersama mas Juang, kami belajar bagaimana mendesign sebuah gambar yang apik untuk konten digital, khususnya Instagram.

Konten grafis ini sangat bermanfaat guna menunjang marketing lewat social media. Menurut mas Juang, grafis yang informatif dan enak dipandang akan menarik customer menjadi customer berbayar seperti yang kita harapkan dalam bisnis online.

Saya senang bisa berada di tengah-tengah acara itu, walau sedikit terbata-bata. Kenapa ? nanti saya ceritakan.

Hoki Kedua

Lagi-lagi saya mujur. Kembali terpilih sebagai peserta dalam Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI bidang informatika bagi angkatan kerja muda di Pamekasan.

Yang kedua ini adalah pelatihan dari BPSDMP (Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) Kominfo Surabaya yang berlokasi di salah satu Ball Room Hotel di kota saya tinggal.



Acara ini diikuti oleh 50 orang peserta yang telah lolos seleksi. Mulai dari seleksi administrasi dan kesehatan. Maklumlah, Covid-19 tak kunjung sirna.

Wajar apabila panitia pelatihan memperketat protokol kesehatan demi kelancaran acara.  Dan syukurlah, acaranya lancar sampai akhir.

Kami, peserta pelatihan. Dibagi dalam dua kelas. Pertama, 25 orang untuk kelas Design Grafis. Kedua, 25 orang untuk kelas Management Data Staff.

Saya lolos ke kelas nomor dua. Meski sebenarnya ingin ke kelas pertama. Sekalian melanjutkan belajar design sebelumnya.

Tapi, saya pikir tidak masalah. Selagi itu ilmu bermanfaat, kenapa tidak.

Maka, belajarlah saya dalam pelatihan dari BPSDMP ini selama 3 hari. Tanggal 9 sampai 11 Maret 2021.

Kelas pelatihan dimulai jam 8 pagi sampai jam 16.30 sore. Semua peserta wajib hadir dan mengikutinya dengan tertib. Tidak boleh absen. Pulang sesuai jadwal. Plus, wajib mengikuti protokol kesehatan, pakai masker dll.

Puji syukur, saya bisa menyelesaikan pelatihan itu dengan cukup baik. Walau sedikit terbata-bata akibat gangguan teknis yang saya alami.

ASUS X450CC-WX142D, Laptop Perjuangan

Dua cerita hoki saya di atas, adalah penggalan perjalanan saya bersama perangkat elektronik yang saya miliki dan saya eman-eman.

Asus X450CC-WX142D adalah nama lengkat laptop saya. Laptop yang telah menemani saya sejak 2014 silam.

Laptop ini setia menjadi teman ‘Nugas’ di kampus dulu. Dari makalah sampai skripsi. Pun setia menjadi teman pada momen-momen hoki yang saya ungkap di atas. 

Jika dihitung usianya,  Asus X450CC-WX142D, teman saya ini sudah 7 tahun. Sebuah usia yang matang bagi sebuah perangkat yang telah bertempur bertahun lamanya.

Spesifikasi singkat perangkat saya itu seperti di bawah ini;



Dengan spesifikasi demikian, performa laptop ini masih prima hingga pertengahan dekade saya memilikinya. Argumentasi ini hanya menurut saya. Bisa jadi berbeda pendapat bagi mereka yang pro dalam dunia digital.

Hingga saat tulisan ini dibuat, hanya 2 kerusakan yang dialami oleh Asus X450CC-WX142D saya. Keyboard dan Drop batre.

Terlepas dari itu, saya puas menggunakan perangkat besutan Asus ini. Terbukti tangguh hingga menahun mampu beroperasi.

Terbata-bata

Seperti yang saya ungkap sebelumnya, saya sempat terbata-bata saat mengikuti dua pelatihan di awal dan pertengah Maret lalu. Laptop saya nampak paling jadul di antara peserta lain.

Asus X450CC-WX142D milik saya sering mengalami lemot saat connect ke Wifi milik gedung pelatihan. Belum lagi saat melakukan pengetikan/rancang design. Keyboard kadang terpencet sendiri. Pun buka tutup aplikasi di laptop yang agak lama.

Di samping kendala itu, saya harus terus terhubung ke listrik. Pasalnya batre laptop ini juga sudah Drop semenjak 1 tahun lalu, 2020.

Bisa dibayangkan, ribetnya saya di saat pelatihan grafis di Bakorwil dan pelatihan managemen data. Charger kudu terhubung ke listrik, keyboard harus membawa keyboard tambahan supaya ngetik lancar dan laptop tetap nyala.

Semua itu tetap saya jalani hingga akhir kegiatan. Tahun 2021 ini harus menambah ilmu dan wawasan baru. Dunia terus berkembang, saya pun harus beradaptasi dengannya.

ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Mendapat berbagai insight saat pelatihan, dari peluang menjadi graphic designer sampai management data staf, nampaknya saya harus menyiapkan perangkat anyar untuk berkecimpung di dunia baru itu.

Dorongan lain yang membuat saya harus upgrade alat tempur digital adalah masuknya saya dalam dunia blogging, bulan Desember 2019 lalu.

Semenjak debut dalam dunia blogging, mulailah saya bergabung ke grup-grup blogger untuk menambah ilmu tentang tulis-menulis dan membuat image postingan yang ciamik di blog.

Dari berbagai pengalaman itulah saya terbesit meng-upgrade laptop pribadi saya ke level yang lebih mapan. Agar setiap kegiatan daring yang saya kerjakan maksimal hasilnya.



Baru-baru ini, Asus meluncurkan ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang berhasil menarik perhatian saya. Spesifikasi yang disematkan Asus pada produk teranyarnya ini gahar di kelasnya;

Spesisikasi ASUS ZenBook Flip S (UX371)
Operating System Windows 10
Processor Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Graphics Intel® Iris® Xᵉ Graphics
Display 13.3" (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Wireless Connectivity WiFi
Intel® WiFi 6 with Gig+ performance (802.11ax)
Bluetooth®
Bluetooth® 5.0
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Weight and Dimensions 30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Weight4: 1.2 kg (approx. 2.65 pounds)
Audio SonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Price & Guarantee Rp. 24.999.000 With 2 years global guarantee

Dengan spesifikasi yang mumpuni itu, Asus ZenBook Flip S (UX371) akan sangat mendukung projek daring dan luring yang miliki. 

Memberikan Performa Terbaik

Asus ZenBook Flip S (UX371) adalah varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core, Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz). Dengan prosesor baru itu, saya dapat menikmati performa yang lebih baik dari laptop saya sebelumnya.

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) ini akan memastikan perangkat ini untuk; bekerja dengan baik, memastikan tidak ada Overlapping tugas, menjaga komponen komputer tetap stabil, dan mendukung kebutuhan spesifik komputer (mengacu pada kebutuhan saya dalam design grafis).

Tidak ada lagi buka tutup Windows yang lama. Tidak ada lagi buka tutup aplikasi yang lola.

Olah Grafis yang OKE

Untuk mendukung CPU yang sudah mapan, ZenBook Flip S (UX371) juga dibekali olah performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

Kombinasi CPU dan Intel Iris Xe Graphics terbaru tersebut menjadi poin sangat penting, karena saya tidak hanya akan menggunakan laptop ini untuk buka tutup aplikasi saja yang membutuhkan performa CPU, namun juga performa grafis yang mumpuni guna menunjang debut design nanti.

Dari sisi oleh grafis, entah kenapa, laptop saya yang sebelumnya menjadi berat untuk membuka aplikasi Photoshop saat dibuka bersamaan dengan koneksi Wifi . Kejadian semacam ini sering terulang tidak hanya saat pelatihan, di rumah pun juga begitu.

Namun, dengan ZenBook Flip S (UX371) pengalaman semacam itu tidak akan terulang. 

Konektivitas yang Cerdas

Lahir sebagai laptop kekinian yang gahar, ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan teknologi konektivitas terbaru, Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax). Teknologi WiFi terbaru ini ditemani oleh fitur WiFi Smart Connect yang akan membuat pengalaman menggunakan ZenBook Flip S (UX371) semakin mudah dan nyaman.

Andai waktu pelatihan saya sudah memakai ZenBook Flip S (UX371), mungkin saat itu saya tidak merasakan yang namanya connect ke Wifi yang lemot.

Kegiatan pelatihan kala itu banyak membutuhkan koneksi ke Wifi untuk berkirim tugas pada mentor pelatihan. Di samping juga melakukan praktek mengirim email klien menggunakan aplikasi ThunderBird.

Fitur WiFi Smart Connect pada ZenBook Flip S (UX371) dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal sehingga memberikan pengalaman berselancar daring lebih baik. Fitur ini mampu menghubungkan ZenBook Flip S (UX371) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling kuat sehingga saya tidak perlu khawatir kehilangan sinyal saat berpindah tempat.

Yaaah, namanya berandai. Boleh lah ... Anggaplah kala itu saya sudah punya ZenBook Flip S (UX371).

Kelebihan ZenBook Flip S (UX371) Lainnya

SSD yang Lega

SSD atau Solid State Drive adalah sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang dipakai untuk menyimpan data atau informasi.

SSD memungkinkan booting dan kinerja baca-tulis yang lebih handal untuk mendukung komputasi yang membutuhkan kapabilitas multitugas yang lebih optimal. Hal ini pula yang membuat sebuah perangkat lebih andal ketimbang memakai HDD atau Hard Disk Drive.

Pada Asus ZenBook Flip S (UX371) sudah dibekali dengan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. Ini memastikan pengguna laptop seperti saya bahkan anda supaya tidak pusing perihal storage pada laptop, begitu juga dengan proses booting dan baca-tulis. 

Ringkasnya, penggunaan SSD pada Laptop atau CPU sangat penting guna mendukung kinerja kecepatan Boot up maupun pengoperasianya. Fasilitas ini tidak akan kita dapatkan jika masih menggunakan HDD. Dan Asus ZenBook Flip S (UX371) memilikinya.

Pen Stylus

Support Asus pada designer grafis diwujudkan pada Pen Stylus-nya. Asus ZenBook Flip S (UX371) dibekali dengan Pen Stylus yang memungkinkan pengguna laptop seperti saya agar bisa menggambar layaknya di kanvas. Dengan kata lain ZenBook Flip S (UX371) mampu menjadi kanvas digital yang dapat mewujudkan imajinasi penggunanya.



Asus ZenBook Flip S (UX371) merupakan laptop convertible bisa menjadi solusi bagi para designer grafis yang memiliki layar yang bisa diputar 360 derajat. Dengan fitur itu, kita sebagai pengguna laptop ZenBook Flip S (UX371) dapat menggunakan laptop convertible layaknya sebuah kanvas digital yang sangat interaktif. 

Mengutip sebuah narasi singkat sebagai representasi Asus ZenBook Flip S (UX371) dapat saya tuliskan seperti ini;

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Sebelum mengakhiri resolusi saya di tahun 2021 ini, ingin saya mengatakan masih banyak lagi manfaat besar yang ditawarkan oleh Asus ZenBokk Flip S (UX371) ini. Seperti panel layar OLED dengan resolusi 4K yang menawarkan kualitas dan akurasi warna lebih baik.

Selain itu, desainnya yang premium dan sangat ringkas plus ringan dibawa untuk beraktivitas semakin membuat saya yakin melangkah maju dalam dunia digital.

Oh, iya! Kita pun bisa melihat review Asus ZenBook Flip S (UX371) pada video youtube ini untuk lebih dalam memahami perangkat pilihan yang menjadi idaman saya.

Demikian. Semoga reslosi 2021 saya menjadi insight positif bagi yang membaca.

Do'akan. Karir digital saya diridhoiNya. Sukses untuk kita sekalian.

Insan ber-Shio Monyet ini pamit.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Resolusi di Tahun Kerbau Logam "

  1. Wah bisa dicoba nih Asus Zenbooknys, spek oke lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas Fajar. Saya juga suka banget sama ZenBook baru dari Asus ini.

      Hapus
  2. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, om Deddyhuang. 😊

      Aamiin. Semoga saya berhasil juara. Terima kasih pula Doanya, om Deddy.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel