Halo QRIS Digital Payment

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah standarisasi pembayaran oleh Bank Indonesia menggunakan metode QR Code agar proses transaksi dengan kode QR yang masyarakat pakai lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Jika diingat, QRIS diperkenalkan pertama kali 17 Agustus 2019 lalu. Dilanjutkan dengan hasanah pengetahuan mengenai QRIS yang kian berkembang sejak awal 2020 an hingga saat ini.

QRIS merupakan serangkaian kode yang dapat dibaca oleh mesin pemindai atau smartphone yang memuat data informasi seperti identitas merchant atau pengguna, nominal pembayaran, serta mata uang dalam rangka transaksi pembayaran.

Pihak-pihak yang terlibat dalam penggunaan QR Code ini diantaranya seperti Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), Lembaga Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan Penyelenggara Penunjang.

Sekarang, mari Kita coba amati gambar di bawah ini;


Dahulu ketika ingin bayar belanjaan, Kita harus menyesuaikan aplikasi pembayaran dengan yang digunakan oleh merchant (toko). Nah, dengan adanya QRIS, aplikasi pembayaran QR apapun bisa diterima oleh merchant.

Adanya QRIS, juga memungkinkan merchant cukup memiliki satu akun di penyedia layanan pilihannya untuk menerima semua pembayaran lewat kode QR.

Jadi, baik penjual ataupun pengguna, tidak perlu lagi repot dihadapkan keberbagai macam QR Code dalam satu merchant, karena QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja.

Saat ini, QRIS sudah dipakai di 416 Kabupaten dan 98 Kota di seluruh Indonesia, dipercaya dan digunakan oleh merchant yang bergabung dari seluruh Nusantara dengan total transaksinya yang mencapai  Rp. 391.717.077.567 dari semua merchant.

Model Pembayaran yang Bisa Dilakukan dengan QRIS

Saat menggunakan QRIS, Kita bisa melakukan dua metode pembayaran, yaitu Merchant Presented Mode dan Customer Presented Mode

1. Merchant Presented Mode

Pada metode ini, ketika Kita akan menyelesaikan transaksi di merchant tertentu, Kita akan diberikan atau disodorkan QRIS oleh kasir. Kemudian dengan menggunakan ponsel yang dimiliki, Kita lakukan cara berikut ini:
  • Buka aplikasi pembayaran yang diinginkan,
  • Pastikan saldo mencukupi,
  • Pilih fitur layanan QR Code scanner, dan 
  • Scan QRIS dari ponsel Kita dan tunggu notifikasi transaksi selesai.

2. Customer Presented Mode

Pada metode ini, Kitalah yang menunjukkan QRIS untuk dapat di-scan oleh kasir memakai alat scanner yang disediakan oleh penyedia pembayaran Kode QR. Berikut langkah-langkahnya:
  • Kita buka aplikasi pembayaran yang ingin Kita gunakan,
  • Pastikan saldo mencukupi,
  • Pilih fitur layanan QR Code,
  • Saat Kita pilih fitur tersebut, akan muncul QR Code di layar ponsel Kita,
  • Tunjukkan Kode QR tersebut pada kasir, dan kasir akan langsung scan Kode QR tersebut dengan alat scanner yang tersedia.

Dari dua metode pembayaran di atas, Kita bisa tahu bahwa manfaat QRIS dalam transaksi pembayaran ada banyak. Hal itu bisa dikategorikan dalam dua kelompok, diantaranya:

Manfaat QRIS Bagi Merchant/Toko

  1. Mengikuti trend pembayaran secara non-tunai-digital (E-Wallet dan M-Banking). Berpotensi meluaskan penjualan karena alternatif pembayaran selain kas.
  2. Peningkatan traffic penjualan
  3. Penurunan biaya pengelolaan uang tunai/kecil (tidak memerlukan uang kembalian, sebagian uang penjualan langsung tersimpan di bank dan bisa dilihat setiap saat, risiko uang tunai hilang/dicuri menurun)
  4. Penurunan risiko rugi karena menerima pembayaran dengan uang palsu
  5. Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat history transaksi
  6. Building credit profile bagi bank, peluang untuk mendapat modal kerja menjadi lebih besar.
  7. Kemudahan pembayaran tagihan, retribusi, pembelian barang secara non-tunai tanpa meninggalkan toko.
  8. Mengikuti program pemerintah (BI, Kementerian dan Pemda).

Manfaat QRIS Bagi Pengguna

  1. Cepat dan kekinian
  2. Tidak perlu repot bawa uang tunai
  3. Tidak perlu repot memikirkan QR siapa yang terpasang
  4. Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Berdasarkan manfaat-manfaat di atas, transaksi dengan qris memiliki keuntungan yang signifikan. Di pihak penjual, qris sangat mendukung perkembangan sebuah merchant. Sementara di sisi pengguna, qris mendukung mobilitas pengguna dalam bertransaksi. 

Kemudian, yang tak kalah penting, baik toko dan pengguna sama-sama didukung kemanan bertransaksinya oleh pemerintah lewat Bank Indonesia.

Sampai di sini, Saya yakin, Kita paham ‘apa QRIS itu’. Namun, mengenai ‘bagaimana cara buat qris?’. Mudah saja. Ketika Kita ingin membuat qris dengan mudah, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi sooltanPay.

SooltanPay

SooltanPay adalah Aplikasi Usaha yang dibuat oleh Telkom Indonesia, memiliki berbagai fitur seperti pembayaran QRIS Gratis yang sudah terintegrasi dengan Bank Indonesia, top up dan tagihan untuk tambahan penghasilan dan produk toko aplikasi kasir untuk pencatatan transaksi penjualan toko Kita. 



Dengan sooltanPay, Kita yang mempunyai UMKM bisa jadi lebih praktis dalam menyediakan alternatif pembayaran, mendapatan tambahan penghasilan serta efisiensi operasional bisnis sehari-hari.

Tidak butuh waktu lama saat Kita daftar qris di sooltanPay. Hanya dalam 1x 24 jam, qris sudah jadi dan siap Kita digunakan.

Mekanisme dalam penerbitan qris di aplikasi sooltanPay melalui tahapan-tahapan yang Bisa saya gambarkan di bawah ini. Tinggal sat-set-sat-set saja.

Cara Daftar Akun di sooltanPay

  1. Buka aplikasi Google PlayStore,
  2. Ketik sooltanPay di kolom pencarian,
  3. Instal aplikasi sooltanPay dan buka aplikasinya (Khusus pengguna IOS, cara instalnya adalah melalui website www.sooltanpay.id – Kemudian add to homescreen, klik masuk dan lanjutkan registrasinya),
  4. Pada halaman muka aplikasi, klik daftar sebagai pengguna (isi nama lengkap, nomor telepon dan kode referral jika ada). Bila sudak klik selanjutnya,
  5. Kita akan mendapatkan kode OTP ke nomor telepon yang Kita input tadi, isikan kode OTP itu pada laman daftar yang tertera. Klik selanjutnya,
  6. Buat password 8 karakter untuk nanti Kita masuk ke aplikasi sooltanPay. Klik selanjutnya,
  7. Buat PIN untuk keamanan Kita setiap kali bertransaksi di sooltanPay. Klik selanjutnya,
  8. Baca syarat dan ketentuan dari sooltanPay secara seksama dan Klik setuju,
  9. Masukkan nomor telepon dan password yang Kita buat sebelumnya. Klik Masuk,
  10. Kemudian masukkan PIN yang Kita buat dan Klik Konfirmasi,
  11. Selamat! Jika proses di atas selesai, artinya Kita sudah menjadi pengguna sooltanPay.

Sebagai gambaran bersama, ini tangkapan layar yang Saya sederhanakan saat membuat akun di aplikasi sooltanPay.


Dengan langkah pertama kepemilikan akun di atas, berikutnya Kita lakukan upgrade akun kita ke premium agar bisa menikmati fitur lengkap aplikasi sooltanPay. Gratis. Dan gratis biaya qris juga.

Caranya mudah. Kita siapkan KTP sebagai syarat upgrade akun Kita ke premium.

Upgrade Akun dan Bikin Qris Grastis di sooltanPay

  1. Pada laman utama aplikasi sooltanPay, Klik Upgrade Akun. Kemudian, aplikasi akan memberikan tampilan info keuntungan jika Kita upgrade akun. Lalu, Klik upgrade untuk melanjutkan proses upgrade,
  2. Isi nama lengkap dan nomor identititas sesuai KTP, 
  3. Upload foto KTP dan foto diri dengan memegang KTP,
  4. Pastikan semua pengambilan foto yang diminta sesuai dengan ketentuan,
  5. Tahap berikutnya mengisi alamat lengkap, Provinnsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan Kita,
  6. Memilih Bank yang akan dipakai untuk penerikan saldo transaksi di aplikasi sooltanPay berikut dengan mengisi nomor rekeningnya,
  7. Cek semua data yang diinput tadi (konfirmasi data diri), mulai dari nama hingga nomor rekening. Jika ada yang ingin diubah, Klik tombol Ubah. Dan jika sudah benar, Klik Simpan, 
  8. Selanjutnya, Kita akan masuk pada bagian pengisian data usaha,
  9. Isi nama usaha Kita, jenis usahanya dan input foto usaha yang Kita miliki (untuk foto usaha, Kita bisa pakai foto produknya saja. Misalnya, Saya pakai foto produk bubur jualan Saya saat upgrade akun), Klik Simpan, 
  10. Isi alamat usaha Kita, Provinsi, Kota, Kecamatan dan Kelurahan, Klik Simpan,
  11. Nah, tahapan upgrade akun sudah selesai. Tunggu 1x24 jam. Dan Taraaaa. Akun sooltanPay Kita sudah Premium. Plus dapat fasilitas asik di dalamnya. 

Dalam 24 jam proses upgrade, nantinya apabila semua persyaratan terpenuhi, maka sooltanPay akan memberikan notifikasi bahwa akun Kita berhasil ter-upgrade. 

Simak dua video yang saya sediakan di bawah ini apabila Anda ingin menonton registrasi dan upgrade akun sooltanPay:


Dengan ter-upgrade-nya akun sooltanPay, semua fitur premium di dalamnya secara otomatis akan bisa Kita nikmati. Termasuk qris untuk toko yang Kita miliki.


Di atas, itu adalah akun sooltanPay Saya yang sudah premium. Secara otomatis, qris toko Saya pun langsung terbit. Saya jualan bubur. Namanya, Bubur Bu Zahra, nama Ibu Saya. 

Dengan kepemilikan qris tersebut, saat ini pembeli yang datang ke toko atau tempat jualan Saya, tinggal sodorkan qris sooltanPay untuk bertransaksi. 

Pengguna akan men-scan qris punya Saya dan input nominal pembayaran. Beres. Tidak usah uang kembalian. Tercatat otomatis transaksi penjualannya.

Saya juga sudah siapkan video bagaimana menggunakan qris Kita. Silahkan disimak:


Kiranya, itulah pengalaman Saya dengan qris. Mulai dari mengenal qris, berapa biaya qris, cara daftar qris, cara menggunakan qris, hingga pada ahirnya Saya tahu; qris dapat menerima pembayaran dari mana saja.

Tentu. Anda pun kini telah sama.

Akhirnya, semoga dengan digital payment qris atau pembayaran digital qris usaha Saya, Anda dan Kita terus berkembang. Maju UMKM Indonesia.
Salam.!

Referensi:
https://www.sooltanpay.id/
https://aspi-indonesia.or.id/
https://www.bi.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Halo QRIS Digital Payment "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel