Panduan Menentukan Ide Pokok Paragraf

tolongtangtugas- Mencari ide pokok dalam suatu paragraf adalah segelintir soal-soal yang muncul saat ujian. Beberapa dari siswa mungkin mudah menentukan ide pokok dalam satu paragraf.

Panduan Menentukan Ide Pokok Paragraf
tolongtangtugas.web.id

Akan tetapi, tidak semua siswa dapat dengan mudah menentukan ide pokok. Karena itulah, kali ini kita akan belajar menentuan ide pokok dalam paragraf.

Definisi Ide Pokok

Ide pokok adalah gagasan atau ide yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Dalam beberapa soal ujian, mungkin kalian diminta untuk mencari gagasan utama. 
Apa yang dimaksud gagasan utama? naah, kok bahas gagasan utama kak? kan topiknya ide pokok. Karena kak Rasyid ingin kalian tahu bahwa yang namanya ide pokok disebut juga sebagai gagasan utama. 

"ooh, begitu yaa kak...!"

"Iyaa, betul."

Selanjutnya, perlu kalian ketahui. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Tidak akan ada dua ide pokok dalam satu paragraf.

Kalau sudah paham mengenai ide pokok, ayo kita action menentukan ide pokok pada tiga paragraf di bawah ini.!

Paragraf 1- Bunglon adalah salah satu binatang yang mempunyai keunikan. Dikatakan unik karena bunglon dapat merubah warna kulitnya. Binatang satu ini biasanya tinggal di pepohonan.
Warna kulit bunglon bisa berubah mengikuti kondisi di sekitarnya. Kemampuan bunglon dalam merubah warna kulitnya ini disebut dengan mimikri. Kemampuan merubah warna kulit bunglon dapat digunakannya untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Paragraf 2- Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Pada lapisan teratas, kulit bunglon memiliki pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Cara kerja pigmen tersebut dipengaruhi cahaya matahari yang mengenai bunglon. Saat pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon dapat berubah warna. Sebaliknya, jika pigmen itu mengkerut, bunglon akan nampak kehitaman.

Paragraf 3- Dalam beberapa hal, bunglon tidak mengubah warna kulitnya mengikuti lingkungan sekitar. Hal ini dapat terjadi karena bunglon mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Seperti saat bunglon sedang marah, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Begitupun juga saat bunglon kecewa, atau perasaan negatif lain, kulit bunglon akan nampak gelap. Sedangkan saat gembira atau perasaannya positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti oranye dan kuning.

Setelah membaca 3 paragraf diatas, cobalah untuk menjawab 3 pertanyaan ini;

1. Tentukan ide pokok dalam paragraf pertama ...
2. Tentukan ide pokok dalam paragraf kedua ...
3. Tentukan ide pokok dalam paragraf ketiga ...

Langkah-langkah menetukan ide pokok paragraf


  1. Tenang
  2. Ingat, ide pokok biasanya terdapat di awal, di akhir dan awal-ahir paragraf.
  3. Baca paragraf pertama dengan teliti.
  4. Baca paragraf kedua dengan teliti.
  5. Baca paragraf ketiga dengan teliti.
  6. Tandai info penting pada paragraf 1 2 dan 3.
  7. Tulis ide pokok masing-masing paragraf


Cobalah jawab terlebih dahulu ide pokok dari ketiga paragraf di atas. Kemudian cocokkan jawaban kalian dengan jawaban kakak di bawah ini:

1. Ide pokok paragraf 1: kemampuan merubah warna kulit bunglon
2. Ide pokok paragraf 2: cara kerja pigmen warna kulit bunglon
3. Ide pokok paragraf 3: perubahan warna kulit bunglon dipengaruhi suasana hatinya.

Jika jawaban kalian sama, atau hampir sama. Bisa dipastikan bahwa jawaban kalian benar. Latihlah kecermatan kalian dalam mencari gagasa utama atau ide pokok dengan membaca banyak buku atau cerita yang mungkin kalian sukai.

Kalian bisa membaca cerpen tapak cupu manik sebagai permulaan. Tentukan mana gagasan pokok tiap-tiap paragrafnya, atau ambil satu sampai tiga paragraf sebagai latihan.

Selamat belajar ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Panduan Menentukan Ide Pokok Paragraf"

  1. disaat aku menentukan topik kadang aku selalu mengkaitkan dengan passion yang aku minati., supaya pembahasan topiknya bisa dengan mudah dikembangkan maupun dijabarkan.,sehingga 1 topik bisa muncrat jadi sub sub topik

    BalasHapus
  2. Waah .. bisa muncrat juga itu topik yaa .. hehe

    Selamat berkarya dengan topik mu mas bagus ...

    Semangat ...!!!

    BalasHapus
  3. tips untuk menentukan ide pokoknya bagus, saya juga sering mengalami kesulitan kalau masalah ide pokok, banyak yang salah hahahha

    BalasHapus
  4. Terima kasih mas rizky ..

    Semoga bermanfaat artikel ini buat belajarmu nanti.

    BalasHapus
  5. Terkadang saya sangat kesulitan untuk mencari dan menemukan ide pokok paragraf yang menarik untuk digunakan, bahkan sampai saya pun menyerah untuk mendapatkan ide pokok paragraf terbaik. Namun saya coba menari di google dan menemukan artikel yang bermanfaat dalam menentukan ide pokok paragraf hanya dengan beberapa langah dan poin saja pun ternyata bisa lebih mudah dan cepat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, bagus sekali, admin bacalgers.
      Semoga artikel di atas bermanfaat buat anda.

      Hapus
  6. Wah intinya kita harus menulis subbab yang akan kita bahas pada artikel yg akan kita publikasikan. Keren nih tipsnya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel