Cerita Saya Tentang Aplikasi SehatQ yang Informatif Kredibel dan Solutif

“Simplicity is my way to deserve your health service and information needed.” 

Bila dirangkum dalam sebuah kalimat sederhana, mungkin kalimat di atas bisa menjadi pengganti narasi utuh dalam tulisan ini. Demikian adanya.

Memang sedikit ‘lebay’ dengan bahasa asing yang digunakan. Namun, di tengah perkembangan teknologi yang ada sekarang rangkuman tersebut menjadi nyata. Bahkan sudah dirasakan serta menyasar ke berbagai lapisan masyarakat.

Sebagai contoh dari hasil perkembangan teknologi tadi, kita tentu tahu macam-macam E-Commerce, Fintech dan aplikasi sejenis yang sudah cukup lama malang melintang di Indonesia. Mereka telah berhasil menciptakan atmosfer baru dalam perniagaan di negera kita.

Inovasi teknologi sukses membuat jalan baru dalam sitem jual beli dan membuka peluang ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat.

Hadirnya e-commerce tersebut memangkas waktu belanja dan tenaga dari masyarakat lewat layanan yang dihadirkan. Tinggal buka apps, pilih barang dan pesan.

Bayarnya? ..

Fintech jawabannya. Mobile banking serta e-wallet (dompet digital) adalah produk dari fintech yang membuat orang-orang tak perlu lagi bawa uang cash dalam berbelanja. Dimulai dengan pesan barang, dilanjutkan dengan pilih metode pembayaran yang diberikan oleh merchant. Terakhir, pilih e-banking atau e-wallet yang bisa dipakai. Beres.

Menjamurnya e-commerce dan fintech tak lepas dari peran internet yang penggunanya terus tumbuh di masyarakat. Data dari International Telecommunication Union (ITU) menunjukkan, hingga akhir 2018 pengguna internet diprediksi akan mencapai 51,2 % di seluruh dunia.

Survei pertumbuhan internet dunia

Lebih lanjut, riset tersebut menemukan bahwa masih banyak lagi orang-orang di dunia yang menunggu akses internet guna menunjang ekonomi digital. Ini berarti, akan terus bermunculan start up-start up baru di jagat maya untuk membantu kehidupan penduduk dunia, termasuk di negara kita.

Di Indonesia sendiri, selain e-commerce dan fintech di atas, dua tahun terakhir banyak bermunculan layanan kesehatan digital yang penggunanya terus tumbuh. Pertumbuhan pengguna tersebut mengindikasikan layanan kesehatan berbasis digital sudah digemari masyarakat.

Hal ini diperkuat oleh survei Deloitte Indonesia yang bekerjasama dengan Bahar dan Center for Healthcare Policy and Reform Studies (Chapters) Indonesia.

Survei tersebut menemukan 84,4 % pengguna layanan kesehatan digital (health tech) mengaku puas dengan layanan yang ada. Hal tersebut diukur dari kepraktisan, kenyamanan, biaya rendah dan banyaknya pilihan yang dapat diambil oleh konsumen.

Survei kepuasan layanan kesehatan digital

Senada dengan hal itu, terobosan yang memungkinkan penduduk negara +62 mengakses info dan layanan kesehatan lewat smartphone, di antaranya adalah platform digital SehatQ.com yang resmi diluncurkan 25 September 2019 lalu. Start up baru yang dibentuk oleh PT. SehatQ Harsana Emedika di bawah naungan SinarMas.

Guna mengenal lebih dalam platform sehatQ, di bawah ini saya sarikan isi dari aplikasi yang merangkap sebagai Asisten Kesehatan yang dimaksud tadi kedalam tiga bagian. Semoga bisa membantu kita bersama mendalami kebergunaan platform ini.

Cerita ini berawal dari aplikasi sehatQ yang saya instal dalam gadget. Apps-nya bisa kita download dengan mudah di GooglePlay Store dan App Store. Tinggal search ‘SehatQ’, maka secara otomatis akan ditampilkan aplikasi yang dimaksud.

Size apps inipun tergolong ringan, 7,3 MB saja. Jadi tidak berat di handphone. Selain itu, aplikasi layanan kesehatan ini sudah lebih dari 50.000rb kali di-download dan mendapat rating kepopuleran yang tinggi pula, 4,7.

Rating sehatQ di Playstore

Nah, bagaimana manfaat platform sehatQ tersebut? Berikut versi saya ..

1. Informatif

Melalui platform sehatQ, kita akan belajar berbagai hal mengenai kesehatan. Hal ini bisa didapat dari 2000.an artikel kesehatan yang bisa kita simak di sana.

Mulai dari artikel tentang parenting, hidup sehat, kehamilan, kesehatan mental, bayi dan ibu menyusui, kecantikan, penyakit dan artikel lain yang siap menambah wawasan pembacanya.

Di samping itu, ada pula layanan kesehatan (klinik dan rumah sakit), dokter (termasuk spesialisasinya), jenis-jenis obat, serta event dan promo kesehatan juga dipaparkan secara detail agar memberikan informasi komplit yang dibutuhkan pembaca.

Misal, saya ingin tahu tips agar mata tetap sehat saat melihat Gerhana Matahari.

SehatQ menjawabnya dengan memberikan saya ulasan artikel terkait. Judulnya ‘Ingin Lihat Gerhana Matahari Cincin? Ini Tips Agar Mata Tidak Rusak.’

Di dalam artikel tersebut, tertulis agar memakai kaca mata khusus bersertifikat ISO 12312-2 supaya aman saat melihat gerhana matahari. Saran ini langsung datang dari dokter spesialis mata, dr. Hisar Daniel, Sp.M.

Beliau menyarankan, di waktu gerhana terjadi, jangan sampai melihat matahari langsung. Tujuannya supaya mata kita tidak terkena yang namanya Solar Retinopathy (kabur permanen). Lebih aman, mata kita pakai pelindung dulu, yaitu kaca mata khusus bersertifikat ISO 12312-2.

Contoh lain, di aplikasi sehatQ kita juga dapat mengenal nama-nama dokter di wilayah kita tinggal berikut dengan jadwal praktiknya.

Misal, dr. Evelyn Komaratih, Sp.M(K). Beliau adalah dokter spesialis mata konsultan yang saat ini berpraktik di Siloam Hospitals Surabaya. Jadwal praktik beliau ini Selasa, 31 Desember 2019, jam 19.00-20.00.

Sampai di sini, syukurlah, sekarang kita tahu bagaimana cara melihat gerhana matahari yang aman. Begitu pula kapan dr. Evelyn Komaratih, Sp.M(K) berpraktik.

Fitur aplikasi sehatQ

2. Kredibel

Di tengah gempuran informasi kesehatan yang bertebaran di jagad maya. User internet pastinya ingin mendapatkan informasi valid dan terpercaya.

Bukan tanpa alasan. Berita hoax saat ini menjadi konsumsi publik yang nyata memakan tidak sedikit korban di dalamnya. Oleh karena itu, menjadi penting saat satu platform digital memberikan informasi yang kredibel pada pembaca supaya berita itu tidak menimbulkan kewas-wasan.

Aplikasi sehatQ hadir menepis issue di atas dengan memastikan kabar yang dimuatnya bermutu. Was-was tidak lagi akan timbul bila sumbernya jelas dan ahli di bidangnya.

Setiap informasi yang ditampilkan dalam sehatQ.com selalu mendapat review dan verifikasi dari dokter. Sehingga masyarakat yang mencatut info di sana tidak perlu ragu akan kebenarannya.

Pun setiap dokter yang memverifikasi sudah memiliki registrasi yang sah dan terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Semakin paripurnalah setiap hal yang tercover dalam sehatQ.

Contoh, artikel 'tips menjaga kesehatan mata dari radiasi gerhana matahari' tadi. Artikel itu ditulis oleh Nina Hertiwi Putri, ditinjau lebih dulu sebelum terpublish di sehatQ oleh dr. Reni Utari.

Artikel lainya berjudul ‘Kandungan Bahan Aktif dalam Salep Jerawat yang Ampuh Atasi Jerawat Membandel.’ Ditulis oleh Annisa Amalia Ikhsania, yang mendapat verfikasi sebelum terpublish dari dr. Anandika Pawitri.

Atau artikel yang berjudul ‘Daun Belalai Gajah, Tanaman Herbal dengan Segudang Manfaat.’ Telah mendapat verifikasi dari dr. Karlina Lestari. Penulisnya adalah Asni Harismi.

Kredibilitas sehatQ

Jadi, perihal yang berkaitan dengan kredibilitas konten dalam platform digital kesehatan di sehatQ.com layak kita acungi dua jempol.

3. Solutif

Bagian terakhir ini bisa dibilang poin pamungkas. Solutif merupakan hal yang dicari banyak orang di luar sana terhadap satu layanan. Baik itu yang berbasis online maupun offline.

Keunggulan utama aplikasi sehatQ adalah bisa menghubungkan pasien dan dokter, lewat fitur Chat Dokter. Bahkan layanan online besutan PT. SehatQ Harsana Emedika ini memberikan layanan Booking Dokter pada masyarakat.

Secara gamblang, pengguna aplikasi sehatQ akan menemukan fitur chat dokter di bagian layar bawah gadget masing-masing. Tinggal klik fitur tersebut, secara otomatis pengguna akan terhubung dengan dokter untuk menjawab keluhannya.

Fitur ini menolong kita yang ingin mendapat jawaban langsung dari dokter terkait masalah yang dialami. Lebih-lebih mereka yang enggan ke dokter karena topik kesehatan yang dianggap tabu di masyarakat sehingga kurang nyaman dikonsultasikan secara langsung, akan terbantu dengan adanya firut chat dokter. Gratis.

Sebagai pengguna aplikasi sehatQ, kita bisa merasakan kesempatan berkonsultasi dengan panduan dokter yang ada. Kita dapat bertanya topik kesehatan dalam batas waktu yang telah disepakati. Tentunya, bertanyalah dengan sopan dan tidak bertele-tele.

Saya merasakan sendiri layanan chat dokter ini nyaman dilakukan. Dokter yang mejawabpun ramah dan cepat dalam merespon pertanyaan saya.

Chat dokter gratis di sehatQ

Keluhan yang saya utarakan pada dokter Maria (dokter yang menerima chat saya) menyangkut kulit kepala yang belakangan ini berketombe.

Beliau menjawab ada banyak penyebab kenapa kulit kepala berketombe, seperti karena infeksi jamur hingga stres yang memicu timbulnya ketombe di kepala. Saran beliau, untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan memakai bahan alami seperti tea tree oil, cuka apel, minyak kelapa, lidah buaya dan shampoo yang mengandung selenium sufide.

Bahan-bahan alami tadi bisa dipilih untuk dioleskan di kulit kepala yang berketombe. Lalu, manfaatnya bisa dirasakan dalam beberapa minggu setelah pemakaian, tergantung masing-masing orang.

Menyimak jawaban dari dr. Maria, saya mendapat solusi mengenai masalah yang saya alami. Mungkin kamu juga sedang dalam kondisi yang sama, boleh menggunakan pengobatan alami dari dr. Maria Ulfa Noor Alika di atas.

Namun, apabila derita ketombe yang dialami kamu sudah cukup parah, tak perlu hawatir. Dalam arti, bingung mencari dokter kulit dimana. SehatQ telah menyediakan solusi terbaiknya lewat fitur booking dokter (berbayar).

Kita hanya perlu klik fitur Booking Dokter -> Dokter -> pilih dokter kulit terdekat di lokasi kita tinggal (Surabaya misalnya). Secara otomatis, pilihan dokter kulit yang kita inginkan akan ditampilkan.

Tindakan selanjutnya adalah mengecek kapan sang dokter berpraktik dan dimana lokasinya. Misalkan saya memilih dr. Dinar Witasari, Sp.KK. Setelah klik profilnya, akan ditampilkan lokasi sang dokter berpraktik.

Jika saat itu tombol ‘Booking Dokter’ tidak aktif (tidak berwarna ijo telur asin), artinya saat itu juga beliau tutup praktiknya. Alternatifnya, kita bisa pilih tanggal lain yang tertera dalam aplikasi sehatQ, guna mendapat layanan praktik sang dokter. Bila sudah ketemu tanggal buka, otomatis tombol ‘Booking Dokter’ akan berwarna ijo telur asin.

... dan klik tombol Booking Dokter-nya.

Proses booking dokter yang mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah saja. Easy steps.

Booking dokter

Dengan memakai layanan ini, kita bisa membuat jadwal periksa sesuai kebutuhan plus menentukan hari dan jam secara mandiri. Proses bayarnya pun bisa kita pilih. Layanan sehatQ memiliki dua macam metode pembayaran, yaitu pakai asuransi atau biaya mandiri.

Dengan layanan ini pula, secara otomatis pasien bisa menghemat waktu cari dokter dan memangkas waktu pendaftran serta antre periksa ke dokter yang bersangkutan. Dengan kata lain, pasien bisa memilih waktu dan hari periksa sesuai kehendaknya.

For additional information, di fitur ‘Booking Dokter’ juga terdapat pilihan Fasilitas Kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhan pasien. Sama seperti proses booking dokter sebelumnya, kita secara mandiri dapat memilihi klinik atau rumah sakit mana tempat kita rawat inap.

Contoh RS Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ), Surabaya. Aplikasi SehatQ akan memberikan informasi lengkap, mulai dari jam operasioanal, alamat rumah sakit, siapa saja dokter yang praktik di sana dan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut.

Kita hanya perlu mengetikkan ‘rumah sakit surabaya’ di bagian pencarian (misalnya), setelah itu maka deretan rumah sakit di Surabaya yang tercover dalam sehatQ akan ditampilkan untuk kita pilih. Sekali lagi, easy steps.

Booking fasilitas kesehatan

Kemudahan dalam fitur chat dokter, booking dokter dan booking fasilitas kesehatan di atas dihadirkan sebagai bentuk komitmen sehatQ pada penggunanya dalam setiap perjalanan kesehatan dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan individu.

Tidak heran, walaupun usia sehatQ.com masih terbilang muda, saat ini sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Terbukti dari banyaknya download aplikasinya di GooglePlay Store dengan rating yang tinggi pula.

Penutup

Memasuki penghujung narasi yang saya buat, makna kalimat berbahasa asing di awal ‘Kemudahan adalah cara saya memberikan layanan dan informasi kesehatan yang anda butuhkan’ nampaknya terjawab sudah dengan tiga poin penting dari platform digital kesehatan sehatQ.com.

Informatif, kredibel dan solutif terangkum dalam kalimat sederhana tersebut. Aplikasi yang menayangkan informasi kesehatan up to date, konten yang dimuat terpercaya, kredibel. Hingga berbagai manfaat dari satu layanan kesehatan tercover dalam aplikasi sehatQ.

Namun, apabila untaian cerita dari sudut pandang saya di atas masih kurang memberikan gambaran utuh mengenai layanan digital kesehatan sehatQ, boleh anda buktikan secara langsung cek ke website resminya di www.sehatQ.com atau mendownload aplikasinya di GooglePlay Store dan Apps Store di smartphone masing-masing.

Selamat mencoba ..

Salam hangat
Kak Rasyid

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cerita Saya Tentang Aplikasi SehatQ yang Informatif Kredibel dan Solutif"

  1. Asli deh aplikasi ini keren banget. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota kita bisa langsung bisa mendapatkan informasi seputar pelayanan kesehatan, dan pastinya informasi tersebut valid karena yang memberikan informasinya adalah tenaga kerja yang professional di bidangnya, terlebih lagi biayanya itu gratis. Cocok juga bagi orang-orang yang tidak mau ribet konsultasi ke puskesmas atau pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Rizki. Saat ini kita bisa konsultasi pada dokter dengan mudah lewat aplikasi sehatQ.Mudah dan gratis pula.

      Selain itu, kita bisa baca-baca artikel kesehatan yang bagus di sana. Nambah wawasan ..

      Salam

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel